Headlines News :
purbalingga
Home » , » Ahmad Tohari : Parpol Tumbuhkan Priyayi Politik

Ahmad Tohari : Parpol Tumbuhkan Priyayi Politik

Written By Kabare Bralink on Friday, December 20, 2013 | 4:46 PM

Ahmad Tohari, Purbalingga
KabareBralink - Budayawan Banyumas, Ahmad Tohari mengatakan, partai politik (parpol) yang saat ini ada telah menjadikan orang-orang di dalamnya menjadi para priyayi-priyayi politik. "Para anggotanya meminta untuk di-ajeni oleh masyarakat. Padahal seharusnya mereka berorietasikan populis," katanya pada sarasehan Sosialisasi Pemilu 2014 di Gedung Andrawina, Owabong Cottage yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Sabtu (7/12).

Menurutnya, mereka yang terpilih sebagai anggota dewan atau pemimpin harusnya seorang public server atau pelayan masyarakat. Namun dalam kenyataannya, mereka banyak menganggap bahwa masyarakatlah yang jadi pelayan mereka.

Lebih lanjut, penulis trilogi Ronggeng Dukuh Paruk ini menyebutkan, kultur jiwa republiken di masyarakat Indonesia telah hilang. Misalnya, seorang pejabat atau pemimpin banyak yang tidak sadar bahwa rakyatlah yang menggaji mereka tiap bulan.

"Rakyat juga harus berani mengkritik pemimpin yang salah. Jangan "meneng bae". Selama ini kita takut menegur orang yang berkuasa karena berabad-abad hidup dalam sistem elitis. Padahal rakyat adalah pemilik kekuasaan," tegasnya.

Terkait pemilu, Ahmad Tohari menegaskan, bahwa pemilu sifatnya fardu ngain karena kehidupan bernegara dimulai dari membuat partai dan melaksanakan pemilu. Soal sedikitnya partisipasi masyarakat dalam pemilu, Kang Tohari mengatakan, kondisi itu bisa diubah. Adalah tugas dari para politikus, pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk kembali menghidupkan kultur republiken di jiwa masyarakat.

"Sangat penting. Mari kita berbondong-bondong datang ke TPS untuk memilih si fulan karena mengubah masyarakat menjadi lebih baik. Bukan karena uangnya," ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Drs Sukento Ridho Marhaendrianto MM mengharapkan semua komponen masyarakat berperan dalam mensukseskan pelaksanaan pemilu 2014 mendatang. Antaraa lain dengan membantu KPU dalam melakukan sosialisasi pemilu legisatif?

"Saya ingin tingkat kepesertaan pemilih dalam pemilu legislatif naik menjadi 70 persej," kata Wabup.
Sarasehan menggagas peran serta masyarakat dalam peningkatan partisipasi pemilih dalam pemilu 2014, juga menghadirkan narasumber lainnya yakni Dosen Fisip Undip M Yulianto SSos. (Humas/Hr)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis