Headlines News :
purbalingga
Home » » Peringati Hari Relawan, PMI Purbalingga Sweeping Sampah

Peringati Hari Relawan, PMI Purbalingga Sweeping Sampah

Written By Kabare Bralink on Friday, December 27, 2013 | 11:19 PM

Relawan PMI Sweeping Sampah (Humas-Cie)
KabareBralink – Sebanyak 90 relawan PMI memperingati Hari Relawan PMI ke-8 dengan melakukan sweeping sampah non organik, Kamis (26/12). Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari Perempatan Bantheng di Jl Letkol Isdiman – Jl Komisaris Noto Sumarsono dan berbelok di Gelora Goentoer Darjono.

“Jadi mulai jam setengah sembilan pagi setelah apel pagi yang dipimpin Ketua PMI Bapak Suyitno di halaman Markas PMI di Jl Letkol Isdiman, kegiatan dilanjutkan dengan sweeping sampah non organik seperti plastik, botol minuman bekas, kaca, kertas dan kaleng yang terserak di sepanjang jalan yang menjadi rute sweeping,” ujar Pengurus PMI Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Penguatan Relawan PMR/KSR/TSR, Rukmawan Suci Laswono SE.

Rukmawan menambahkan relawan PMI yang terdiri dari PMR, KSR dan TSR ini membawa kantong plastic dan memungut satu per satu sampah yang berserakan. Kegiatan ini selain sebagai wujud dukungan terhadap kebersihan kota Purbalingga, juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah non organic dan sampah bungkus makanan dan minuman ringan sembarangan terutama di sepanjang jalan di tengah kota

“Padahal tong sampah sudah disediakan hampir disetiap titik strategis di seluruh sudut kota,” keluh Rukmawan terheran-heran.

Di titik akhir kegiatan di pertigaan GOR Goentur, terkumpul sampah non organic sebanyak 15 kantong Polybag besar ukuran 100 x 60 cm dan langsung dikumpulkan di titik pengumpulan sampah untuk dibuang ke TPS di komplek GOR Goentur Darjono.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan para relawan ini. Dan saya berharap, di tahun-tahun berikutnya aksi sosial semacam ini tetap dilakukan dengan jangkauan yang lebih luas lagi,” harap Ketua PMI Drs H Suyitno.

Hari Relawan PMI diperingati setiap tanggal 26 Desember mulai tahun 2005, satu tahun setelah tragedi Tsunami Aceh dimana Relawan PMI berjuang habis-habisan untuk melakkukan proses evakuasi korban Tsunami.  Relawan PMI, lanjut Rukmawan, menjadi ujung tombak PMI di lapangan kemanusiaan dan penanganan bencana. 

“Pada Desember ini, sejumlah bencana yang terjadi di wilayah Purbalingga telah menjadi medan bakti relawan, antara lain bencana angin ribut di wilayah Kecamatan Kutasari dan Padamara,” imbuhnya.

Selain mengadakan Apel Peringatan, menurut Rukmawan, pihaknya juga mengadakan Tasyakuran, Bakti Sosial dan Sarasehan. Sarasehan Relawan menutup seluruh rangkaian kegiatan yang dimoderatori Komandan KSR Purbalingga Wahidin Supardjo dengan Narasumber Pengurus PMI Bidang Pembinaan Generasi Muda dan SDM Rukmawan Suci L. (Humas-cie)

Sip. Moga-moga Purbalingga tambah bersih. Mayuh dicontoh... 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis