Headlines News :
purbalingga
Home » , » Purbalingga Raih Travel Club Tourism Award 2013

Purbalingga Raih Travel Club Tourism Award 2013

Written By Kabare Bralink on Friday, December 20, 2013 | 4:57 PM

KabareBralink – Kabupaten Purbalingga kembali meraih Travel Club Tourism Award (TCTA) 2013, sebuah penghargaan bergengsi di bidang pariwisata. Rencananya, Wakil Bupati Drs H Sukento Rido Marhaendrianto MM akan hadir secara pribadi menerima penghargaan di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Jakarta Pusat, Jumat (20/12).

Menurut Manajer Bisnis dan Pengembangan El John Indonesia, Andrew, pihaknya yang juga menjadi bagian dari Tim Juri TCTA 2013 mengatakan Kabupaten Purbalingga layak terpilih menjadi The Most Improved karena adanya pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun di sektor pariwisata.

“Dari survey yang kami lakukan, banyak sebenarnya kabupaten/kota yang mengalami pertumbuhan seperti Purbalingga. Hanya saja dari sekian kabupaten/kota yang kami survey itu, Purbalingga memang yang terbaik untuk kategori The Most Improved,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Drs Akhmad Khotib MPd menyebutkan selama lima tahun terakhir sektor pariwisata memang menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara fluktuatif dengan kecenderungan meningkat. Tahun 2009, sektor ini telah menyumbangkan Rp 411,3 juta setahun kemudian sempat mengalami penurunan menjadi Rp 345,1 juta dan tahun 2011 kembali naik menjadi Rp 512,06 juta dan terus melonjak menjadi Rp 546,57 juta di tahun 2012.

“Itu belum termasuk Owabong dan Sanggaluri Park. Jika digabung, untuk tahun 2012 saja, dari target sekitar Rp 3,8 miliar, sektor pariwisata sukses menyumbang lebih dari Rp 4,9 miliar,” jelasnya.

Tak hanya itu, angka kunjungan wisata juga relatif mengalami peningkatan setiap tahunnya. Owabong yang menjadi obyek wisata paling tinggi sumbangan PAD-nya kepada kabupaten ini, selalu menambah dua wahana setiap tahunnya demi tetap menjadi magnet wisata bagi para pelancong. Pemkab Purbalingga juga tengah membenahi beberapa obyek wisata seperti Goa Lawa dengan pengerukan Goa Lorong Kereta dan Goa Angin yang telah berjalan beberapa waktu terakhir.

"Pada APBD 2014, telah dianggarkan dana empat miliar rupiah untuk pengembangan Goa Lawa. Tahun ini kita juga sedang mengerjakan beberapa penambahan wahana yang dibiayai dana APBN," terang Khotib.

Menurut Khotib, anggaran APBN yang dikucurkan untuk pembenahan Goa Lawa antara lain digunakan untuk pembangunan ruang kesehatan pendukung arena outbound, pagar keliling taman lokaria dan rumah siput. Termasuk pembukaan Goa Lorong Kereta agar bisa dimasuki pengunjung. Sedangkan dari dana APBD 2014, rencananya untuk membangun lighting di dalam goa dan penambahan wahana outbound.

Penghargaan TCTA ini menjadi kedua kalinya yang diraih Purbalingga. Jika tahun 2012 lalu menjadi The 2nd Runner Up The Most Improved atau Juara Ketiga, tahun 2013 ini, Purbalingga sukses dengan kategori The Most Improved atau Juara Pertama. Ini menjadi hadiah yang indah bagi Ulang Tahun Purbalingga ke-183 di penghujung tahun ini. (Humas/cie)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis