Headlines News :
purbalingga
Home » » Ratusan Pelajar Ikuti Iqra Adventure

Ratusan Pelajar Ikuti Iqra Adventure

Written By Kabare Bralink on Thursday, December 26, 2013 | 1:09 AM

Purbalingga
KabareBralink – Sebanyak 130 pelajar dari 10 SMA/SMK/MA se-Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Iqro Adventure di Desa Meri Kecamatan Kutasari, Rabu (25/12). Kegiatan semacam mencari jejak dalam Pramuka ini, selain untuk tafakur alam dan ajang silaturahim, juga untuk mengisi kegiatan yang positif dalam liburan sekolah.

“Kalau biasanya liburan sekolah diisi dengan acara bersenang-senang, kali ini ada kesempatan bagi para pelajar untuk mengikuti kegiatan positif berupa peningkatan pemahaman tentang Islam yang dikemas dalam outbond yang terdiri dari lima sesi,” ujar Seksi Humas dan Publikasi Iqro Club Purbalingga, Nurokhman ST.

Nurokhman menambahkan kegiatan tahunan ini diawali dengan acara pembukaan dan diskusi pembuka di Balai Desa Meri. Selanjutnya para peserta yang telah dibagi dalam kelompok-kelompok kecil mesti mengikuti peta petunjuk untuk menemukan pos-pos yang sudah disiapkan.

“Ada lima pos yang kami siapkan, pos pertama pos problematika remaja, pos kedua pos kepemimpinan dan organisasi, pos ketiga pos solusi problematika remaja, pos keempat pos aqidah dan terakhir pos pembentukan forum,” imbuhnya.

Setiap pemberangkatan ada dua kelompok. Sepanjang perjalanan, kata Nurokhman, peserta akan diberi tugas diantaranya mengenal teman dan lawan, menghafal Al Qur’an Surat As Syam, menyapa masyarakat dan membaca peta. Pada tiap pos, peserta akan mengikuti berbagai game dan outbond sesuai tema.

“Pos terakhir bermuara di sumber mata air di Dukuh Tlaga Desa Karangcegak. Di lokasi, akan dilakukan permainan massal yang seru. Tidak terasa seharian mereka bermain, mereka sudah mendapatkan banyak sekali ilmu, wawasan, pengalaman dan juga teman baru,” imbuhnya.

Pada apel penutupandi Lapangan Meri, panitia akan mengumumkan peserta yang berhak menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Menurut Nurokhman, kegiatan semacam ini akan ditindaklanjuti dengan forum pelajar yang berisikan agenda pekanan baik itu belajar bersama terkait pelajaran sekolah, kajian keislaman, dan penggalian minat bakat.

“Dengan kegiatan-kegiatan semacam ini, kami sangat berharap, pelajar memiliki kegiatan positif sehingga tak sempat lagi melakukan hal-hal yang negatif dan menyesatkan yang selama ini dikhawatirkan para orang tua,” katanya lagi.

Sepanjang tahun 2013, Nurokhman mengatakan, pihaknya telah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan dengan sasarn remaja muslim. Mulai dari seminar remaja bertajuk berbagai kisah cinta di bulan Februari, try out menjelang Ujian Nasional dan SBMPTN, buka puasa bersama anak yatim, training motivasi setelah menempuh ujian, dan masih banyak lagi lainnya yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan pelajar.

“Kami telah bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Dan alhamdulillah banyak sekali remaja yang berhasil terarahkan menjadi pribadi yang tangguh dan bermanfaat. Semoga di tahun 2014 nanti dan seterusnya, kami dapat memberikan lebih lagi,” pungkasnya. (cie) 

Contoh kegiatane cah nom purbalingga sing positif...
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis