Headlines News :
purbalingga
Home » , » Lanud Wirasaba Pugar Makam Adipati Wirasaba VI

Lanud Wirasaba Pugar Makam Adipati Wirasaba VI

Written By Kabare Bralink on Friday, January 24, 2014 | 4:42 PM

Makam Adipati Wirasaba (Foto : kompasiana)
KabareBralink – Untuk lebih menghormati kerifan lokal serta sebagai kepedulian terhadap situs-situs budaya bersejarah, Pangkalan TNI Angkatan Udara Wirasaba dengan segenap jajaranya merenovasi makam Adipati Wirasaba VI.

Menurut  Komandan Lanud Wirasaba, Mayor Penerbang Andreas Ardianto Dhewo, S.E., M.Si. (Han), makam Adipati Wirasaba yang bernama asli Raden Warga serta bergelar Adipati Warga Utama atau Adipati Paguwon sebelumnya seperti hilang dari peredaran masyarakat serta keberadaannya agak memprihatinkan.

”Oleh sebab itu kami tidak menutup mata dengan keadaan ini serta tergugah untuk merenovasi cagar budaya, karena peninggalan tersebut tidak bisa dianggap remeh dan penting agar masyarakat tahu keberadaan makam bersejarah tersebut,”ujar  Komandan Lanud Wirasaba, Mayor Penerbang Andreas Ardianto Dhewo, S.E., M.Si. (Han) dihadapan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga Drs Akhmad Chotib, Camat Bukateja dan para perwira Lanud Wirasaba di komplek Makam Adipati Wirasaba VI Kamis (23/1).

Selain itu Dhewo juga menuturkan bahwa Adipati Wirasaba VI merupakan keturunan Majapahit serta memerintah Kadipaten Wirasaba sekitar tahun 1568 hingga 1582 yang merupakan suatu kadipaten dibawah Kerajaan Pajang dengan wilayah meliputi Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap.

“ Adipati VI merupakan adipati terakhir sebelum wilayah kadipaten Wirasaba yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap terpecah menjadi empat Kabupaten,”tuturnya.

Kadinbuparpora Kabupaten Purbalingga Drs Akhmad Chotib mengatakan, atas nama pemerintah daerah Purbalingga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Lanud Wirasaba terhadap situs budaya bersejarah khususnya makam Adipati Wirasaba VI.

“Kami sangat berterimakasih serta mengapresiasi atas usaha Lanud Wirasaba dan jajaranya yang telah merenovasi situs peninggalan bersejarah tersebut. Selain untuk lebih memberikan edukasi kepada masyarakat tentang situs bersejarah yang ada di Kabupaten Purbalingga,”tuturnya.

Kedepan situs-situs bersejarah semacam ini harus terus dipelihara serta di edukasi kepada masyarakat, kususnya para generasi muda serta para anak-anak sekolah, karena dapat dijadikan potensi wisata budaya dan religi.(humas_Key)

Muga-muga bisa dadi tujuan wisata religia anyar nang Bralink...
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis