Headlines News :
purbalingga
Home » , » Masyaakat Kutabawa Dilatih Simulasi Siaga Bencana

Masyaakat Kutabawa Dilatih Simulasi Siaga Bencana

Written By Kabare Bralink on Friday, March 14, 2014 | 8:14 PM

PURBALINGGA - Masyarakat Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja Purbalingga yang berada paling dekat dari daerah terdampak erupsi Gunung Slamet, Jumat (14/3/2014) diberi pelatihan simulasi kesiagaan bencana. Simulasi itu diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga.

Simulasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk kondisi Gunung Slamet. Simulasi itu diikuti sekitar seribuan warga yang bermukim di dusun tersebut.

“Dalam skenario, warga dikondisikan agar dapat menyelamatkan diri dengan membawa harta benda yang bisa diselamatkan, seperti surat berharga dan hewan ternak,” ungkap Kepala Pelaksanan Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko, kepada Bupati Sukento Rido Marhaendrianto, saat melakukan pemantauan ke wilayah Desa Kutabawa, Karangreja.

Bupati Sukento, meninjau kesiapan aparat dan masyarakat Kutabawa, usai melaksanakan kerja bhakti  pembuatan jalan baru di desa Danasari Kecamatan Karangreja, Jumat (14/3) siang.

Menurut Priyo, warga diarahkan ke beberapa titik terdekat dari tempat tinggal mereka. Kemudian mereka dibawa menggunakan kendaraan yang ada menuju titik kumpul desa di Pasar Pratin Desa Kutabawa.  Simulasi dilakukan untuk melihat kesiapan warga dalam menghadapi bencana, sehingga masyarakat menjadi tahu kea rah mana warga akan dievakuasi. “Evakuasi warga kemungkinan akan dilaksanakan jika status Gunung Slamet dinaikkan hingga Siaga atau level III,” jelasnya.

 Selain itu, Komandan Dandim 0702 Purbalingga, Letkol Inf Agustinus Sinaga mengatakan, selain melihat kesiapan masyarakat simulasi ini juga dilaksanakan untuk melihat kebutuhan ketika suatu waktu diperlukan evakuasi.

"Kegiatan ini sekaligus menguji kemampuan petugas yang tergabung dalam satuan tugas penanggulangan bencana Purbalingga," ujar Agustinus.

Simulasi dilakukan dua kali, melibatkan sekitar 400 personel dari Kodim 0702/Purbalingga, Batalion Infanteri 406 Candra Kusuma, Lanud Wirasaba, Polres Purbalingga, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Search and Rescue (SAR) Purbalingga, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan (Dinkes), Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sukarelawan. (KabareBrlaink-Humas/Hr)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis