Headlines News :
purbalingga
Home » , » Meriahkan Hari Jadi Purbalingga

Meriahkan Hari Jadi Purbalingga

Written By Kabare Bralink on Tuesday, December 15, 2015 | 11:01 AM

PURBALINGGA - Untuk memeriahkan hari jadi Purbalingga yang ke 185, Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan menggelar beberapa event. Salah satunya menggelar pawai budaya pada Hari Minggu (20/12). Pawai Budaya ini rencananya start dilakukan di depan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Purbalingga dan finish di Alun-alun.

(Kabare Bralink/Humas)

Penjabat Bupati Purbalingga, Budi Wibowo mengatakan pawai budaya ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Purbalingga serta nguri-nguri budaya agar tidak hilang oleh waktu. Pawai budaya akan diawali dengan pemberangkatan pasukan pembawa panji-panji dan pusaka kabupaten.

Setelah itu ada pasukan pembawa foto Bupati dari masa ke masa yang dibawakan oleh Kakang-Mbekayu Purbalingga. Kemudian dibelakangnya baru Bupati dan Muspida serta para pimpinan SKPD dengan berpakaian adat banyumasan. ” ujar Budi pada saat acara Halo Bupati, Senin malam (14/12).

Ketua panitia Hari Jadi selaku Penjabat Sekda, Kodadiyanto mengatakan peringatan hari jadi kali ini dibuat agak meriah, walaupun dengan keterbatasan dana. Pawai budaya yang biasanya menggunakan kereta kencana yang diperuntukan Bupati dan jajar Muspida sekarang dilakukan dengan jalan kaki.

Dengan rute yang tidak terlalu panjang, peserta pawai tidak terlalu capai, dan bisa maksimal dalam penampilannya di depan panggung kehormatan. Dalam pawai budaya tersebut juga akan mengundang kesenian dari kabupaten tetangga,”ujar Kodadiyanto.

Selain pawai budaya, juga akan digelar kegiatan ziarah makam leluhur pendiri Purbalingga, Rapat paripurna, malam tasyakuran, festival ebeg, malam resepsi, pameran kendaraan tempur mariner, pentas band lokal dan konser music dari Hallo band.

Sebagai puncak acaranya akan digelar upacara peringatan hari jadi di Alun-alun Purbalingga tanggal 18 Desemeber,” pungkas Kodadiyanto.

Hasilnya disimpulkan (disepakati) bahwa hari jadi Purbalingga jatuh pada tanggal 18 desember 1830. Hari jadi Kabupaten Purbalingga telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) No. 15 Tahun 1996, tanggal 19 November 1996 yang jatuh pada tanggal 18 Desember 1830 atau 3 Rajab 1246 Hijriah Atau 3 Rajab 1758 Je.


Selanjutnya hari jadi itu diberi candrasengkala “Anggelar Pakarti Sumujuding Hyang Wisesa (1758)” dan Suryasengkala "Sireping Rananggana Hangesti Praja (1830)”. 

(Kabare Bralink/Humas).
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis