Headlines News :
purbalingga
Home » , » Nasi Gurih "Dari Hidung Turun Ke Lidah"

Nasi Gurih "Dari Hidung Turun Ke Lidah"

Written By Kabare Bralink on Wednesday, December 16, 2015 | 2:03 PM

Ini adalah pengalaman Ubaidillah Syohih yang telah melancong ke Aceh. Dari pengalamannya itu, dia berbagi kepada kita semua tentang kuliner yang telah dia nikmati di tanah yang disebut sebagai Serambi Mekkah.

--

BANDA ACEH - Matahari baru saja menyingsing di Jalan Sri Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. Masih sedikit kendaraan yang lalu-lalang di jalan tersebut. Saya pun baru saja keluar dari penginapan untuk menikmati pagi.

Di depan Rex Peunayong yang ramai di malam hari, ada sesuatu yang menghentikan kaki saya. Puluhan bungkus makanan terhidang di meja salah satu kedai kopi. Saya pun memutuskan untuk mampir sejenak.

Bang Faisal, perantau Sigli pemilik kedai mempersilahkan saya duduk. Saya pun bertanya apa di balik puluhan bungkus makanan itu.

Nasi Gurih, Bang, seperti nasi uduk di Jawa sana,” jawabnya menyadari saya seorang pelancong.

Semerbak wangi kayu manis, daun pandan, dan cengkeh menyeruak ketika bungkusan itu dibuka. Seperti halnya nasi uduk, Nasi Gurih disajikan dengan tempe goreng, irisan mentimun, telur dadar, belacan, bawang goreng dan daun kemangi. Selain itu, Anda dapat menikmatinya dengan berbagai lauk. Telur dadar, gulai bebek, ikan, dan lauk lainnya merupakan pasangan yang pas untuk dimakan bersama Nasi Gurih.

Dengan aromanya yang menggoda, tidaklah aneh bila Nasi Gurih menjadi pilihan utama menu sarapan di Banda Aceh. Apalagi harganya murah, berkisar antara lima ribu sampai dengan sepuluh ribu rupiah saja.

(Kabare Bralink/Google Image)


Jadi, lengkapilah daftar menu wisata kuliner Anda di Banda Aceh. Tidak ada salahnya mencoba Nasi Gurih sebelum Anda menikmati Ayam Tangkap, Sate Matang, dan Mie Aceh. Anda dapat menemukan kedai Bu Gurih (Nasi Gurih) bertebaran di Banda Aceh. 

Nah, sedulur, kue panganan sing mirip karo Nasi Uduk, neng kana jenenge Nasi Gurih... Hmm sapa maning sing arep ngirim cerita kayak dene Kang Ubaidillah Syohih, bisa kirim lewat email : kabarebralink@gmail.com

(Kabare Bralink/Shohih)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis