Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Noto Susanto : Mayuh Dolan Purbalingga!

Noto Susanto : Mayuh Dolan Purbalingga!

Written By Kabare Braling on Thursday, December 24, 2015 | 10:08 PM

 Noto Susanto (Kanan) 
Noto Susanto, sosok dibalik gambar-gambar indah dalam Kalender Papeling 2016 yang bertema Pariwisata Purbalingga
Panorama alam dan budaya Purbalingga tersaji dengan apik dan menarik dalam lembar demi lembar Kalender Paguyuban Perantau Purbalingga (Papeling) Tahun 2016. Mulai dari pemandangan indah Bukit Sipetung, Desa Siwarak, atraksi menarik di Curug Karang, Rembang sampai potret perempuan tengah membatik di Desa Limbasari, Bobotsari tergambar dengan citarasa seni dan estetika tinggi.

Sosok yang menjadi 'aktor' dari gambar-gambar nan Indah itu adalah wong asli bralink, Noto Susanto, pria asal Desa Serayu Larangan, Mrebet. Ia bekerjasama dengan Paguyuban Perantau Purbalingga (Papeling), inisiator gerakan itu, bekerja keras selama 4 bulan mengeksplorasi keindahan Purbalingga untuk disajikan dalam almanak tahun depan yang akan disebar ke perantau Purbalingga diseluruh penjuru Nusantara.

Jepretan Noto memang terlihat profesional. Pengambilan angle nya pun menarik. Tak heran karena fotografi memang dunia yang digeluti pria berpipi chubby itu. Ia menekuni dan hobi jeprat-jepret sejak SMA dan sekarang menjadi pekerjaan serius menjalaninya. Noto kemudian mengasah kemampuan fotografi dan artistik visualnya di Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

"Saya gembira berkat ilmu dan pengalaman memotret selama ini, bisa menghasilkan sebuah karya yg bermanfaat bagi orang banyak dan bagi tanah kelahiran saya," kata Noto kepada Kabare Bralink.

Ketertarikan Noto dengan dunia fotografi berawal dari hobinya travelling. Sembari  plesir, Ia memotret berbagai obyek menarik yang ditemuinya. "Saya tertarik dengan fotografi karena dunia fotografi dunia tanpa batas bagi saya, kita bisa mengexplore apa saj dan memberikan info apa saja melalui gambar," kata pemilik NotoMoto Photography and Design itu.

Menurutnya, foto merupakan salah satu media yang mudah untuk dipahami dan langsung dilihat oleh mata apa yang ada didalam foto tersebut. "Fotogragi itu seperti melukis, sangat unik dan selalu memberikan inspirasi," katanya sedikit berfilosofi.

Kepada Kabare Bralink, Noto juga menceritakan awal mula dirinya ikut serta dalam kegiatan Papeling. Sejak dulu dirinya memang bermimpi untuk turut serta memajukan Purbalingga. Oleh karena itu, Noto tak berpikir panjang untuk langsung menyetujui turut dalam tim untuk mempromosikan Wisata Purbalingga dan gerakan #MayuhDolanPurbalingga.

"Sebagai anak muda dari Purbalingga ingin sekali berbuat sesuatu untuk kemajuan Purbalingga. Saya sangat gembira ikut dalam kegiatan ini dan ikut andil untuk memajukan Pariwisata kampung halaman sendiri," katanya.

Noto sering kali iri dengan kota-kota lain yang sudah tumbuh kesadaran untuk mempromosikan potensi daerahnya, salah satunya pariwisata. Menurutnya, selama Ia berkeliling mengabadikan alam Purbalingga tidak kalah Indah dengan kota kota lain.

Kota Purbalingga, kata Noto, begitu banyak tempat wisata terutama wisata alam yang sangat menarik. Namun, masih minim pengunjung untuk datang menikmatinya karena berbagai hal, salah satunya karena kurangna promosi.

Ia berharap semua elemen masyarakat Purbalingga ikut berpartisipasi dalam memajukan pariwisata wilayahnya. Pemerintah juga diminta untuk tak berpangku tangan dan memperhatikan perkembangan pariwisata Purbalingga.

"Mari sama-sama bangga dengan pariwisata yang kita miliki dan mau untuk sama-sama memajukannya. Sekarang ini momen yang tepat, ayo kita bangun bersama Pariwisata Purbalingga," ujarnya bersemangat.

Ia yakin di era media sosial yang begitu gencar, dengan bantuan semua elemen masyarakat dan kerjasama berbagai pihak, pariwisata Purbalingga akan semakin dikenal dan maju.

Ok deh Mas Noto, terus berkarya yaa dan mayuh bareng-bareng ngembangna wisata Purbalingga. Mayuh dolan Purbalingga baen lah...

Kiye beberapa foto-fotone

(Kabare Bralink / Igoen)

NB :
NotoMoto Photography ana nang Jakarta karo nang Purbalingga. Sing nang Purbalingga alamate nang Bobotsari, Jl. Mekarjaya RT 1/I wetane SMP 1 Bobotsari



Share this article :

2 comments:

  1. Purbalingga Okee
    http://tegeanblog.com/

    ReplyDelete
  2. Salah seorang generasi muda yang peduli dengan tanah kelahirannya..semoga akan banyak lahir mas Noto yang lainnya..dan Purbalingga makin maju..

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis