Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Telaga Tirta Marta : Alami, Indah dan Menyegarkan!

Telaga Tirta Marta : Alami, Indah dan Menyegarkan!

Written By Kabare Braling on Sunday, December 20, 2015 | 4:54 PM


"Eh, Kemarin aku baru saja ke telaga bagus dan alami di Desa Karangcegak, Kutasari lho, " kata temanku saat 'break' kantor siang hari itu. Dia pun segera menambahi dengan kata-kata promosi begitu melihat aku antusias menyambutnya.

Segera saja langsung kusambar dengan ajakan untuk mengunjunginya lagi tempat itu bersamaku. Deal!! Dan besoknya pun kita segera menjadwalkan untuk mengunjungi telaga itu.

Perjalanan dari pusat kota Purbalingga ke telaga yang terletak di Dukuh Telaga,  Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari itu kurang lebih memakan waktu 20 menit. Setelah memasuki Desa Karangcegak, sepeda motor kita melaju di jalan desa yang kanan kirinya terhampar sawah menghijau. Semakin dekat ke telaga, jalanan semakin sempit dan bahkan jalan setapak pematang sawah yang hanya bisa dilalui satu motor. Temanku memang sengaja memilih rute yang cukup menantang kali ini.

Sampai di telaga yang diberi nama Situ Tirtamarta promosi temanku tentang keindahan telaga itu ada benarnya. Melihat air mengalir jernih nan alami memenuhi kolam seluas lapangan voli yang dikelilingi batu itu aku tidak tahan untuk berlama-lama berdiam diri. Langsung saja motor ku parkir ditepi telaga, copot baju dan byurrrr....

Memang sangat menyegarkan! Air yang keluar dari celah batu memberikan sensasi 'fresh and natural'. Aku pun berenang kian kemari. Ikan warna-warni yang ada di dalam telaga pun tampak genit, menggoda minta didekati. Namun, ketika kudekati langsung sigap berlari.

Lelah berenang, batu yang besar yang menyembul ditengah telaga bisa menjadi tempat istirahat sementara sambil kaki-kaki bermain di dalam air. "Beban pekerjaan rasanya berkurang dan badan menjadi fresh lagi," kata Dwi temanku melontarkan komentar usai berenang di telaga itu. Usai berenang, sajian ketupat ayam kampung yang tak jauh dari telaga menyempurnakan hari itu.

Sayangnya telaga eksotis tersebut belum dikembangkan secara optimal. Kolam hanya dikelilingi batu-batu alami. Luasnya juga hanya cukup untuk sekitar 20 orang jika ingin berenang nyaman. Fasilitas pendukung juga tidak tersedia dengan baik.

Padahal, potensi telaga itu cukup besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alternatif di Purbalingga. Meksi tidak ada promosi besar-besaran, telaga itu cukup ramai. "Pada hari libur pengunjung bisa mencapai 400an sehari," kata kata Narsin, Ketua Paguyuban Situ Tirtamarta.

Lahan pengembangan juga cukup luas untuk ekspansi jika situ tersebut akan dikembangkan lebih lanjut. Potensi debit airnya juga melimpah dan tidak pernah kering sepanjang musim. Letaknya juga tak jauh dari Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) dan Aquarium Raksasa Purbasari yang sudah kondang menjadi ikon Purbalingga.

Situ tersebut juga ramai dikunjungi pada hari-hari tertentu oleh orang yang mempunyai tujuan khusus. "Kalau malam Jum'at kliwon ratusan orang yang datang dari berbagai kota seperti Tegal, Banjarnegara, Purwokerto, Pemalang sampai Cirebon," kata Narsin. Menurutnya, orang-orang tersebut meyakini jika mandi rutin di situ tersebut dengan niat yang baik maka keinginannya akan dikabulkan.

Paguyuban yang dipimpin Narsin, saat ini juga sedang melakukan berbagai usaha untuk mengembangkan situ tersebut. "Kami membutuhkan investor untuk pembangunan pariwisata alam Situ Tirtamarta," katanya. Situ tersebut, kata dia, bisa dikembangkan menjadi rest area berbasis alam, water park, tempat outbound, camping ground, kolam pemancingan dan wisata edukatif lainnya.

Namun, sembari menunggu investor yang tak kunjung datang paguyuban juga tidak tinggal diam. Saat ini, dengan mengandalkan uang dari jasa parkir dan sewa ban sudah mulai dilakukan berbagai perbaikan. "Yang utama kita ingin memperluas kolam dan memperbaiki fasilitas MCK," katanya.

Untuk berkunjung ke telaga tersebut memang paguyuban yang mengelola kawasan tersebut tidak menarik tiket. Pengunjung hanya dipungut uang parkir kendaraan bermotor dan mengisi kotak amal seikhlasnya.

Geh, wis gratis, seger maning!Sagi pada gegean maring lah maring Situ Tirtamarta. Byurrr...

Kabare Bralink / Igoen
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis