Headlines News :
purbalingga
Home » » Bantuan Sosisal Segera Direalisasikan

Bantuan Sosisal Segera Direalisasikan

Written By Kabare Bralink on Saturday, January 16, 2016 | 5:44 PM

PURBALINGGA – Tahun 2016, Purbalingga berusaha terus untuk meninggkatkan taraf hidup masyarakatnya. Salah satunya dengan cara memberikan bantuan sosial yang salah satunya Pemugara Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat (KSBM) segera diresmikan.

Untuk program RTLH, tahun 2015, Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans)  mengusulkan sebanyak 80 rumah  untuk dipugar/rehabilitasi. Namun ada penambahan jumlah RTLH yang diusulkan mendapat bantuan menjadi 85 rumah. Ke 85 RTLH tersebut mendapat bantuan uang senilai sepuluh juta rupiah per KK/rumah dalam bentuk material/bahan bangunan untuk memugar rumah. Sedangkan program KSBM dan bantuan sarana lingkungan diperuntukan pembangunan infrastruktur jalan bagi  daerah rawan konflik.

“Rabu besok (20/1) program RTLH dan KSBM tersebut akan segera diresmikan,” tutur Kepala Disnsosnakertrans Kabupaten Purbalingga Ngudiarto, saat mendampingi Pj Bupati Purbalingga Budi Wibowo pada acara ramah tamah dengan jajaran Dinsosnakertrans Provinsi Jawa Tengah di Pendapa Dipokusumo Sabtu  (16/1).

Menurut Ngudiarto, bantuan program RTLH di Purbalingga, diberikan untuk 85 rumah, tersebar di empat desa, yaitu Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol mendapat alokasi 30 rumah, Desa Bakulan Kecamatan Kemangkon 30 rumah, dan Desa Penaruban 7 rumah serta desa Karanggedang Kecamatan Bukateja 18 rumah dengan jumlah total Rp850 juta dan setiap penerima mendapatkan Rp10 juta per KK. Bantuan tersebut  langsung masuk rekening kelompok yang digunakan untuk membeli material bahan bangunan. Dan untuk Desa Bakulan juga mendapat bantuan program sarana lingkungan senilai Rp50 juta.

Menurut Ngudiarto, untuk program KSBM di Purbalingga yang diberikan untuk wilayah rawan konflik diberikan untuk tiga desa, yaitu desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol, Desa Majasari Kecamatan Bukateja dan Desa Pandansari Kecamatan Kejobong. Masing-masing penerima program tersebut mendapat bantuan senilai Rp 109 juta atau totalnya senilai Rp 327 juta, diperuntukan bagi pembangunan infrastrutur jalan.

Pada saat menjawab pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Purbalingga beberapa waktu lalu, terhadap Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran (TA) 2016 , Penjabat Budi Wibowo mengungkapkan, untuk program RTLH tahun 2016, Kabupaten Purbalingga menganggarkan sebesar Rp 17 Miliar atau Rp 10 juta per rumah.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis