Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Curug Nini, Curugnya Mini Keindahan Maksi

Curug Nini, Curugnya Mini Keindahan Maksi

Written By Kabare Bralink on Saturday, January 2, 2016 | 10:47 AM

Curug Nini merupakan salah satu air terjun yang ada di Purbalingga. Air terjun tersebut tidak terlalu tinggi, hanya saja airnya sangat jernih. Kolam luas dibawahnya juga sangat menarik hati untuk segera direnangi. Selain itu, jaraknya juga tak terlalu jauh dari pusat kota. Aksesnya pun gampang.

Nah, ke curug berukuran mini tetapi keindahan maksi itulah saya mengajak teman-teman saya yang datang jauh dari Jakarta bertandang beberapa pekan lalu. Mereka memang mengajukan permintaan khusus untuk mendatangi tempat yang alami dan mengasyikan di purbalingga. Di benak saya, Curug Ninilah yang langsung terbersit.

Benar saja. Teman saya pun tak kecewa. Byurr....Ia pun tak ragu untuk segera melepas bajunya dan nyemplung di kolam curug nan asri itu. "Gile seger banget airnya cing," ucapan itu langsung keluar dari mulut August, teman saya. Ia pun tak bosan-bosanya berenang dan menikmati kesegaran air di kolam Curug Nini.

Setelah puas berenang, daratan disekitar kolam curug tersebut adalah tempat yang favorit untung mengambil jeprat-jepret. Targetnya adalah aksi dengan latar belakang air terjun. Satu, dua, tiga...cheers.

Curug Nini air terjun ini terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Jaraknya hanya 10km dari pusa kota produsen knalpot itu. Meski curug ini hanya memiliki tinggi sekitar 10 meter namun pemandangan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Lingkunganya asri dan rindang, disekelilingnya rumpun bambu tumbuh dengan subur dan memberi kesan adem.

Curug ini juga cukup dikenal karena pada saat musim kemarau airnya yang tidak bisa kering. Masyarakat sekitar memanfaatkanya untuk sarana mandi, cuci dan memenuhi kebutuhan air minum. Curug Nini ini adalah merupakan bagian dari hulu Sungai Pingen.

Ada cerita mistis mengenai curug ini, dari informasi yang digali masyarakat setempat, di kolam curug tersebut terdapat ikan yang tinggal kepala dan durinya saja.

Untuk mencapai Curug Nini yang mini ini dapat ditempuh lewat Jalan Raya Bobotsari-Purbalingga. Setelah sampai perempatan Pasar Karangnangka ke arah barat, sekitar empat kilometer jauhnya. Jika telah sampai di Balai Desa Cipaku ambil jalan ke kanan melewati jalan tanah sekitar 200 meter. Untuk mencapai lokasi curug ditambah undakan jalan setapak sekitar 50 meter.

Nah, ngenteni apa maning. Gari maring nek preian maring Curug Nini. Sueger ora bayar maning...hehe.

KB/IGOEN
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis