Headlines News :
purbalingga
Home » » Janji Tasdi, Prioritaskan Percepatan Pembangunan Bandara Komersil Wirasaba

Janji Tasdi, Prioritaskan Percepatan Pembangunan Bandara Komersil Wirasaba

Written By Kabare Bralink on Thursday, January 21, 2016 | 3:42 PM

PURBALINGGA – Memiliki bandara komersil di daerah sendiri? Mengapa tidak? Hal itu merupakan impian besar bagi setiap daerah. Karena dengan adanya bandara komersil maka akses perjalanan akan semakin mudah. Selain itu, laju pertumbuhan ekonomi pun akan membaik. Termasuk Purbalingga yang sedang mengharapkan terwujudnya bandara komersil di Wirasaba.

Bupati Purbalingga terpilih, H. Tasdi, SH. MM, juga menanggapi dengan positif atas 'Lampu Hijau' dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengenai Komersialisasi Bandara Wirasaba, Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja.

Foto bisnis.com

Tasdi menegaskan bahwa setelah dilantik, akan memprioritaskan percepatan pembangunan Bandara Wirasaba agar menjadi bandara komersil.

Sesuai target pembangunan harus segera dilakukan. Kemenhub sudah mendukung, Gubernur (Ganjar Pranowo-red) juga sudah mendukung. Tinggal dilaksanakan saja,” katanya menanggapi rencana komersialisasi Bandara Wirasaba, Rabu (20/1).

Dia juga menjelaskan disetujuinya pengembangan bandara tersebut menjadi bandara komersial merupakan proses yang panjang. Diawali di masa kepemimpinan Bupati Triyono Budi Sasongko yang bertahap hingga saat ini.

Kemudian, dia bersama Wabup terpilih, Dyah Hayuning Pratiwi, SE Econ (Tiwi) juga duduk satu meja dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan, dalam forum Rakernas PDIP di Jakarta pekan lalu. Dalam kesempatan itu mereka mendesak kepada Menhub agar izin untuk komersialisasi Bandara Wirasaba bisa segera diberikan. Hal tersebut didasarkan karena Presiden Jokowi juga sudah merencanakan pengembangan 15 bandara baru.

Pemkab Purbalingga bersama sejumlah pemerintah kabupaten tetangga menurutnya sudah berproses lama untuk menjadikan Wirasaba menjadi bandara komersial.

Usulan kami yang didukung Gubernur Jateng ternyata disetujui oleh Menhub,” ujarnya.

Tasdi menegaskan setelah dirinya dilantik nanti, tahapan pembangunan Wirasaba menjadi bandara komersial akan menjadi prioritas utama. Menurutnya, akan banyak manfaat yang diperoleh jika Wirasaba bisa menjadi bandara komersial.

Tentu ekonomi di wilayah Jateng selatan akan menjadi berkembang,” lanjutnya.

Untuk dana pembangunan tentu akan dibicarakan dengan pemerintah kabupaten sekitar. Tasdi optimistis dengan dukungan tersebut ditambah bantuan dari Pemprov Jateng, komersialisasi Bandara Wirasaba akan segera terealisir.

Soal target bahwa menjelang musim mudik lebaran nanti Wirasaba sudah bisa dibuka itu harus bisa terlaksana. Minimal untuk pesawat kecil terlebih dahulu,” tuturnya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua DPRD Purbalingga, Tongat, SH, mengatakan pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan Bandara Wirasaba. Dana cadangan kerjasama bandara Wirasaba telah dianggarkan dalam anggaran perubahan 2015 sebesar Rp 15 miliar. Dana tersebut diambilkan dari dana rencana pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 34 miliar.

DPRD akan mensuport rencana tersebut,” tegasnya.

Semoga segera bisa diwujudkan, ya, Lur.. Purbalingga due bandara komersil, li pada seneng...


(Kabare Bralink/RB)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis