Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Selain di Purbalingga, Patung Jenderal Soedirman Ada di 6 Kota Ini

Selain di Purbalingga, Patung Jenderal Soedirman Ada di 6 Kota Ini

Written By Kabare Braling on Monday, January 4, 2016 | 5:32 PM

Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah tiba-tiba roboh. Kejadian itu membuat gempar kota kelahiran Sang Jenderal. Beritanya pun tak hanya ramai di dunia maya, juga menghiasai media cetak dan elektronik nasional.

Patung Jenderal Soedirman, sebelumnya berdiri kokoh di bundaran perempatan Jalan Mayjend Sungkono, Purbalingga yang merupakan jalur utama di kota produsen knalpot itu. Patung itu menjadi salah satu icon Purbalingga yang cukup terkenal.

Patung berbahan fiber itu hanya kuat berdiri selama kurang lebih 11 tahun. Patung itu diresmikan pada 31 Desember 2004 setelah dibangun dengan menelan biaya Rp 270 juta yang berasal dari APBN Kabupaten Purbalingga.

Ternyata, selain di Purbalingga, Jenderal Soedirman juga diabadikan dalam bentuk patung di berbagai kota di Indonesia. Maklum, Soedirman adalah salah satu pahlawan nasional kita. Sang jenderal dikenal atas heroismenya memimpin perang gerilya melawan Belanda dari atas tandu.

Berikut beberapa patung-patung Sang Jenderal di berbagai kota yang dirangkum Kabare Bralink dari berbagai sumber :

1. Purwokerto
Untuk melihat pantung Jenderal Sudirman di kota tetangga Purbalingga itu datang saja di Kampus Universitas Jenderal Soedirman. Patung Jenderal Soedirman dibangun tepat di halaman kampusnya yang luas dan asri. Di kampus ini, Patung Sudirman ditampilkan sedang menunggang kuda.
foto : detiktavel

2. Surabaya 
Patung jenderal Soedirman tengah berdiri tegap ada di depan Monumen Bambu Runcing  di Surabaya. Patung Sang Jenderal terletak di Jl Yos Sudarso, jalan protokol yang ramai.

foto : indonesiakaya.com
3. Pacitan
Masih di Jawa Timur, patung Sang Jenderal berdiri megah di Kabupaten Pacitan. Di kota itu ada Monumen Jenderal Sudirman yang dibangun untuk mengenang sejarah perang gerilya Sang Jenderal dalam melawan penjajah. Monumen ini terletak di Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Tak jauh dari Monumen ada lokasi bekas rumah persembunyian Jenderal Sudirman.

foto : detiktravel
4. Yogyakarta
Di kota gudeg itu ada Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman. Museum yang berlokasi di Jl Bintaran Wetan No 3 ini memuat koleksi perjuangan Jenderal Sudirman. Bangunan berarsitektur kolonial ini merupakan bekas kediaman Panglima Besar Jenderal Sudirman. Di bagian luarnya, terdapat patung Sang Jenderal sedang menunggang kuda.
foto : jogjakita.go.id
5. Alor, Nusa Tenggara Timur
Patung Jenderal Sudirman tak hanya ada di Pulau Jawa. Di Pulau Alor, NTT, terdapat patung Jenderal Sudirman berdiri gagah menghadap Selat Ombay. Monumen ini terletak di Desa Maritaing, Kecamatan Alor Timur. Patung ini langsung menghadap laut perbatasan Pulau Alor dengan Timor Leste, bagaikan 'penjaga' NKRI. Monumen setinggi 7 meter itu rampung dan diresmikan pada Mei 2011.

foto : tni.mil.al
6. Jakarta
Di Ibu Kota Negara ini, Patung Jenderal Sudirman tengah berdiri tegak dengan sikap hormat ada di dekat Bundaran Hotel Indonesia. Di jalan yang juga diabadikan atas namanya itu, Patung Pak Dirman yang terbuat dari perunggu seberat 4 ton menjadi icon yang cukup terkenal. Patung itu ada dalam salah satu adegan film Naga Bonar Jadi 2 dimana sang tokoh Naga Bonar memanjat patung itu dan menghiba agar sang Jenderal menurunkan tangannya karena menilai banyak rakyat yang sudah tak menghargai jasa para pahlawanya.

foto : aksesoriso.blogspot.com
Sedulur Warga Purbalingga, kita patut bangga salah satu putra terbaik bangsa ini dilahirkan di kota ini. Mari kita lanjutkan cita-cita dan perjuangan Sang Jenderal Besar dengan bersama-sama memajukan Purbalingga. Rubuh patunge, aja rubuh semangate... 

(Kabare Bralink/Igoen)

Share this article :

2 comments:

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis