Headlines News :
purbalingga
Home » » Kunjungan Ketua Karangtaruna Purbalingga Ke Karangtaruna Wirabumi

Kunjungan Ketua Karangtaruna Purbalingga Ke Karangtaruna Wirabumi

Written By Kabare Bralink on Tuesday, February 9, 2016 | 3:09 PM

PURBALINGGA – Selama ini, yang membangun dan berkiprah di desa masih hanya seglintir orang. Bahkan mereka yang sudah berusia bukan muda lagi. Hal itu karena semangat kaum muda untuk berkiprah di desa melalui karangtaruna masih rendah. Padahal, aksi nyata pemuda sangat penting guna menyokong pembangunan daerah.

Sekarang ini, jarang anak muda yang mau jadi pengurus karangtaruna di desa. Karena itu sangat bagus kalau masih ada karangtaruna di desa yang aktif,” kata Sri Wahyuni, Sekretaris Umum Karangtaruna Kabupaten Purbalingga.

Senin, 8 Februari 2016, Sri Wahyuni dan pengurus Karangtaruna Kabupaten Purbalingga meninjau Karangtaruna Wirabumi, Desa Majapura Kecamatan Bobotsari. Mereka datang untuk memberikan penilaian Karangtaruna Berprestasi tingkat Jawa Tengah.

Kepala Desa Majapura, Retno Hendarwati menambahkan bahwa keterlibatan pemuda dalam karangtaruna tidak hanya soal pembangunan.

Karantaruna bisa menjauhkan pemuda dari kegiatan yang negatif,” ujarnya.

Karangtaruna di tingkat desa memang kerap bermasalah dengan regenerasi pengurus dan penggerak.

Regenerasi itu memang menjadi permasalahan bersama yang harus segera dicarikan formula solusinya,” ucap Ketua Karangtaruna Wirabumi, Desa Majapura, Agung Sunarko.

Pada kesempatan itu, pengurus Karangtaruna Kabupaten Purbalingga menilai berbagai aspek kegiatan di Karangtaruna Wirabumi. Kriteria penilaian itu seputar kegiatan, administrasi, program kerja dan profil ketua karangtaruna.

Tim penilai dari kabupaten ini pun tidak hanya melihat Lumbung Inspirasi yang selama ini menjadi sekretariat Karangtaruna Wirabumi, namun juga mengecek berkas administrasinya. Selain itu, mereka juga mendengarkan presentasi dari Ketua Karangtaruna Wirabumi.

Di seleksi Karangtaruna Berprestasi tahun ini, Purbalingga ingin berbicara lebih banyak untuk level provinsi. Setelah penilaian, karangtaruna kabupaten akan melakukan pendampingan untuk penguatan masalah administrasi.


(Kabare Bralink/Ery)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis