Headlines News :
purbalingga
Home » » Jumbara Mula I Untuk Meningkatkan Kualitas Relawan Muda PMI

Jumbara Mula I Untuk Meningkatkan Kualitas Relawan Muda PMI

Written By Kabare Bralink on Friday, March 18, 2016 | 7:00 AM

PURBALINGGA - Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi untuk pertama kalinya membuka Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Mula yang ke I. Pembukaan di laksanakan di Komplek GOR Goentoer Daryono, Purbalingga, Kamis (17/3). Jumbara diikuti oleh 340 orang, yang terdiri 264 anak Palang Merah Remaja (PMR), 22 orang Pembina, 24 orang evaluator dan 30 orang panitia kabupaten.


Wabup Purbalingga mengatakan Jumbara mula merupakan sebuah langkah cerdas untuk meningkatkan kualitas relawan muda PMI dari waktu ke waktu. Jumbara dapat membuka wawasan anak-anak kita menjadi generasi muda yang humanis dan sadar dengan lingkungan.

Dengan tema jumbara yang cerdas, ceria dan bersahabat pada hari ini bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekolah maupun tempat tinggal,” kata Wabup.

Wabup berharap kepada bapak ibu guru sebagai pembina PMR untuk tidak bosan dalam melatih, membina dan mengarahkan anggota PMR-nya. Sehingga mereka mempunyai ketrampilan kepalangmerahan yang berguna bagi kehidupan saat ini serta membentuk mereka menjadi agen perubahan bagi masa depan kita semua.

Saya mendorong perkembangan PMR MULA di SD/MI jajarannya dan menjadikan PMR sebagai ekstra kurikuler prioritas di sekolah,” katanya

Dengan PMR sebagai ektrakulikuler utama tambah Wabup diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak dalam memahami kesiapsiagaan bencana dan pola hidup bersih dan sehat. Kepada PMI Kabupaten Purbalingga, kegiatan Jumbara PMR Mula ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan serta lebih bersinergi dengan skpd/dinas/instansi mitra yang terkait.

Sedangkan ketua PMI Purbalingga, Suyitno mengatakan tujuan dari kegiatan Jumbara PMR Mula diharapkan dapat menumbuhkan karakter kepalangmerahan sejak dini. Hal tersebut sesuai dengan penerapan Tri Bhkati PMR.

Selanjutnya menyiapkan kader relawan PMI di masa datang yang berkompetensi untuk mendukung tugas kepalangmerahan,” katanya.

Suyitno mengatakan kegiatan Jumbara pada hakekatnya menpunyai 3 makna yakni kegiatan jumpa, kegiatan bakti dan kegiatan gembira.

Sebagaimana pemberitaan kemarin Jumbara Mula yang ke I ini memperebutkan peringkat 1,2 dan 3 dan piala bergilir Bupati Purbalingga untuk juara Umum. Sedangkan dalam jumbara ini terdapat 6 jenis kegiatan yakni kepemimpinan, gerakan kepalangmerahan, pertolongan pertama, ayo siaga bencana, kesehatan sanitasi dan paduan suara.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis