Headlines News :
purbalingga
Home » » PIK-R Harus Bisa Menjadi Solusi Menangani Masalah Remaja Yang Kompleks

PIK-R Harus Bisa Menjadi Solusi Menangani Masalah Remaja Yang Kompleks

Written By Kabare Bralink on Monday, March 21, 2016 | 6:46 AM

PURBALINGGA - Kaum remaja di era digital ini menghadapi permasalahan sosial yang kian kompleks. Mereka tidak hanya menghadapi tuntutan akademik yang berat, namun juga diancam oleh bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

Ketua Karangtaruna Wirabumi, Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Agung Sunarko berkata, kondisi kaum muda di Purbalingga semakin miris.

"Masalah remaja saat ini harus disikapi secara bijak dan aplikatif," kata Agung.

Ia mengatakan itu ketika pembukaan Sosialisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Balai Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Minggu 20 Maret 2016. Lebih dari 50 anggota PIK-R di Kabupaten Purbalingga ikut agenda sosialisasi yang disambung outbond itu.

Kepala Desa Majapura, Retno Hendarwati juga mengaku prihatin ketika melihat fenomena anak umuran SMP yang sudah punya anak kecil.

"PIK-R diharapkan bisa menjadi tempat untuk remaja melakukan kegiatan positif," kata Retno.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Purbalingga drg. Hanung Wikantono menyebut, keberadaan PIK-R memang dirancang sebagai ruang bagi remaja untuk melawan pergaulan bebas, narkoba dan pernikahan dini.

"Tiga masalah ini menjadi konsen pemerintah kabupaten, melalui BKBPP," sambung Hanung. Masalah sosial ini juga akan coba ditangani oleh Bupati Tasdi dan Wabup Tiwi.

Kabid KS BKBPP, Teguh Indriyono menambahkan, pengurus dan anggota PIK-R dirancang tak hanya mengetahui bahaya seks bebas, narkoba dan nikah dini. Akan tetapi diarahkan untuk menjadi tutor sebaya.

Kegiatan PIK-R tidak hanya teori dan sosialisasi, tetapi memang harus dikembangkan menjadi kegiatan yang aplikatif.

"Akan semakin baik memang jika karangtaruna bisa melakukan pembinaan dan berjalan bersama PIK-R," kata Teguh.


(Kabare Bralink/Istimewa)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis