Headlines News :
purbalingga
Home » » Sensus Ekonomi Dilaksanakan Pada Mei 2016

Sensus Ekonomi Dilaksanakan Pada Mei 2016

Written By Kabare Bralink on Monday, March 21, 2016 | 1:02 PM

PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Tasdi mengaku Pemerintah Kabupaten Purbalingga sangat berkepentingan dengan hasil Sensus Ekonomi yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mulai 1 – 31 Mei mendatang. Sebab, selain untuk kepentingan nasional, Pemkab Purbalingga juga membutuhkan data riil kondisi ekonomi berbagai sektor usaha di Kabupaten Purbalingga yang bisa menjadi acuan kebijakan pembangunan Purbalingga kedepan.

Saya berharap petugas sensus professional dalam bertugas. Petugas harus benar-benar turun ke lapangan, agar data yang diperoleh valid. Begitu juga objek sensus juga diminta membeberkan data sesuai kenyataan yang ada,” kata Bupati dalam Konferensi Pers yang digelar di Operation Room Graha Adiguna, Jumat (17/3).

Di bagian lain Tasdi juga berpesan kepada para pimpinan SKPD yang terkait dengan rumpun ekonomi dan para Camat, agar senantiasa memberikan fasilitasi dan sosialisasi agar kegiatan yang diselenggarakan secara nasional itu dapat sukses.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purbalingga, Drs. Agustinus Hariyanto mengatakan, Sensus Ekonomi 2016 akan berlangsung pada bulan Mei, dengan obyek sensus meliputi seluruh pelaku ekonomi baik usaha mikro kecil, menengah maupun perusahaan besar, kecuali sektor pertanian. Termasuk kegiatan ekonomi yang dilakukan secara online. Kegiatan sensus akan mencakup berbagai aspek mulai dari permodalan, pendapatan, tenaga kerja, pemasaran dan lainnya.

Sensus ekonomi sangat penting dilakukan untuk mengetahui seluruh data kegiatan ekonomi yang akan berguna sebagai acuan perencanaan pembangunan baik tingkat daerah ataupun nasional. Kita adakan 10 tahun sekali tiap tahun berakhiran enam,” jelasnya.

Menurut Hariyanto, kegiatan pendataan sensus ekonomi tidak akan dipungut biaya sepeserpun atau gratis dan keterangan yang diberikan para pelaku usaha kepada petugas bersifat rahasia. Nanti, akan ada beberapa data yang dikumpulkan, seperti nama perusahaan, alamat, kegiatan usaha, status, tahun, jumlah tenaga kerja, jaringan, identitas, dan omset. Data tersebut akan digunakan untuk pengelompokan mana yang termasuk usaha kecil, menengah dan besar.

Makanya, kami harap para pelaku usaha mau memberi data secara terbuka demi kesuksesan sensus,” katanya.

Terkait dengan adanya sensus ekonomi, kemungkinan banyak pengusaha yang tidak jujur dalam memberikan data, Dia mengungkapkan, pihaknya sudah memiliki metode khusus, untuk mengatasi hal tersebut.

"Petugas kami juga akan kami latih secara khusus, sebelum turun ke lapangan," imbuhnya.

Pelaksanaan Sensus Ekonomi di Purbalingga akan dilakukan oleh sedikitnya 900 petugas. Sebelum bertugas, mereka akan mengikuti pelatihan secara bergelombang mulai 5 Mei mendatang.


(Kabare Bralink/Hms)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis