Headlines News :
purbalingga
Home » » Hakekat Otonomi Daerah Bertujuan Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Hakekat Otonomi Daerah Bertujuan Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Written By Kabare Braling on Monday, April 25, 2016 | 3:40 PM

PURBALINGGA – Dalam upacara memperingati Hari Otonomi Daerah tingkat Kabupaten Purbalingga di halaman Pendapa Dipokusumo, Senin (25/4). Bupati Purbalingga mengajak seluruh jajaran pemerintahan kabupaten Purbalingga untuk berlomba memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Bupati Tasdi saat menjadi inspektur upacara memperingati

Menurut Bupati, hakekat otonomi daerah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan memberdayakan masyarakat. Kemudian meningkatkan daya saing dan pengembangan kehidupan demokrasi. Untuk itu, Tasdi mengajak jajarannya untuk dapat memaknai kembali tujuan otonomi daerah tersebut, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya masyarakat di kabupaten Purbalingga.

Caranya dengan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, menumbuhkan kesadaran untuk menjadi lebih berdayaguna dan berhasilguna, serta berupaya terus mengupayakan daya saing daerah agar kita tetap kokoh dalam menghadapi era persaingan bebas,” katanya.

Terkait adanya simplikasi regulasi yang diterbitkan dalam kurun waktu 2006 – 2016, kepada para pimpinan SKPD untuk segera melakukan evaluasi atas pelaksanaan peraturan daerah, baik yang terkait langsung dengan investasi dan perijinan, serta peraturan daerah lainnya yang kemungkinan bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Dalam momentum peringatan Hari Otonomi Daerah, setiap tahun pemerintah melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) oleh Kementerian Dalam Negeri. Evaluasi tersebut didasarkan atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang disampaikan kepala daerah kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur. Setiap tahun, pemerintah memberikan penghargaan kepada para Gubernur, Bupati dan alikota yang berhasil mencapai kinerja terbaik.

Nanti malam, saya diundang untuk acara Malam Apresiasi dan pemberian penghargaan oleh Mendagri (Cahyo Kumolo-red) di Alun Alun Kulonprogo. Saya berharap Purbalingga kembali mendapat penghargaan dan menempati ranking nasional,” katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Purbalingga dalam tiga tahun berturut-turut telah mampu mencapai kinerja terbaik dengan bercokol di ranking 10 besar nasional pada EKPPD 2013 atas LPPD 2011, EKPPD 2014 atas LPPD 2012 dan EKPPD 2015 atas LPPD 2013. Atas keberhasilan tersebut, Kabupaten Purbalingga pada 2015 lalu memperoleh penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha dari Presiden RI.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis