Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Pramuka Dilatih Kembangkan Sapta Pesona Di Goa Lawa

Pramuka Dilatih Kembangkan Sapta Pesona Di Goa Lawa

Written By Kabare Bralink on Tuesday, April 5, 2016 | 11:24 AM

PURBALINGGA – Satuan Karya (Saka) Pariwisata yang berpangkalan di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga melakukan kerja bakti massal di obyek wisata Goa Lawa, Minggu (3/4). Kerja bakti ini sebagai salah satu upaya mengemban Sapta Pesona yakni mewujudkan daya tarik wisata yang bersih. Kerja bakti diikuti sekitar 70 pramuka dari berbagai sekolah. Usai kerja bakti di Goa Lawa, para pramuka ini mengunjungi curug di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja.

Pinsaka (Pimpinan Saka) Pariwisata, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, antusiasme anggota pramuka untuk bergabung dalam Saka Pariwisata lumayan tinggi. Para pramuka ini yang berasal dari siswa-siswi SMA/SMK dan MA. Sebelum dikukuhkan sebagai anggota Saka Pariwisata, para pramuka ini mendapat pembekalan setiap minggu sekali di aula Dinbudparpora.

Selain pembekalan, para calon anggota Saka Pramuka juga kami kenalkan di sejumlah obyek wisata termasuk desa-desa wisata. Pengenalan bisa dengan kunjungan atau melakukan kerja bakti kebersihan seperti yang dilakukan di Goa Lawa,” kata Prayitno yang juga Kepala Bidang Pariwisata, Senin (4/4).
Prayitno mengatakan, dengan pengenalan berbagai daya tarik wisata, para pramuka diharapkan ikut membantu mengenalkan tempat wisata Purbalingga kepada masyarakat umum. Mereka bisa menggunakan jejaring media sosial yang dimilikinya.


Setiap anggota Saka Pariwisata diajari juga untuk menggunakan media sosial sebagai sarana promosi wisata. Mereka memiliki jalinan pertemanan dengan orang yang sudah dikenalnya lewat media social. Melalui cara ini, para pramuka sekaligus mengenalkan wisata Purbalingga,” kata Prayitno.

Prayitno juga menambahkan, para anggota Saka Pariwisata selain dibekali materi kepramukaan, juga mendapat pembekalan berupa pengenalan daya tarik wisata, kepemanduan wisata, pengenalan TI untuk promosi wisata, pengetahuan sadar wisata, pelatihan motivasi dan sejumlah kegiatan lain yang positif sebagai bekal generasi muda.

(Kabare Bralink/Wisata)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis