Headlines News :
purbalingga
Home » , » Drama Lengger Banyumasan Antar FK Metra Ke Putaran Final

Drama Lengger Banyumasan Antar FK Metra Ke Putaran Final

Written By Kabare Braling on Monday, May 2, 2016 | 3:23 PM

PURBALINGGA – Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Purbalingga berhasil masuk putaran final Festival Pertunjukan Rakyat Jawa Tengah. FK Metra Purbalingga akan kembali berkompetisi bersama finalis lainnya dari Kota Solo dan Kabupaten Grobogan. Informasi tersebut diterima Wakil Ketua FK Metra Kabupaten Purbalingga Haryono Sukiran dari pesan messenger yang dikirim oleh Sekretaris FK Metra Provinsi Jawa Tengah, Daniel Hakiki, Jumat (29/4).

Tiga kelompok yang dipilih FK Metra Jateng untuk tampil di putaran final adalah Kota Solo, Purbalingga, dan Grobogan. Surat kepututsan secara formal akan kami kirim melalui email FK Metra dan Kominfo kabupaten/kota,” tulisnya dalam messenger tersebut.

Daniel Hakiki mengungkapkan, Seleksi Festival Pertunjukan Rakyat FK Metra Jawa Tengah 2016 telah selesai dilaksanakan di 3 (tiga) tempat, yakni Wonogiri (16/4) diikuti kabupaten Wonogiri, Kota Solo, Sragen, Magelang, Kota Magelang, Purworejo. Kemudian Temanggung, (19/04) meliputi Temanggung, Purbalingga, Pekalongan, Banyumas, Tegal. Tempat lainnya adalah Jepara (22/04) dari Jepara, Batang, Kendal, Grobogan, Kudus.

Total peserta yang mengikuti kegiatan tersebut 16 Kelompok pertunjukan rakyat yang mengadu kreativitas dalam menyampaikan tema 'Revolusi Mental'.

Dari 16 peserta yang telah tampil dipilih 3 kelompok untuk mengikuti Putaran Final di Semarang. Rencananya dilaksanakan 21 Mei 2016 atau menyesuaikan jadwal kegiatan gubernur. Tempat final juga sedang dalam proses,” katanya.

Wakil Ketua FK Metra Purbalingga Haryono Sukiran mengungkapkan, saat seleksi beberapa waktu lalu, kabupaten Purbalingga mengusung materi KB dan Perlindungan Anak yang dikemas dalam pertunjukan drama lengger Banyumasan. Dalam cerita itu diutamakan penekanan pada upaya mengasuh, mendidik, melindungi dan menumbuhkembangkan anak sesuai kemampuan bakat dan minat anak. Sehingga mampu mencegah terjadinya pernikahan usia dini.

Pemainnya merupakan seniman dan seniwati yang tergabung dalam FK Metra Purbalingga,” jelasnya.


Seperti diketahui, FK Metra Purbalingga sempat meraih juara III tingkat Provinsi Jawa Tengah pada festival tahun 2014. Pada 2015 lalu, FK Metra Purbalingga bahkan dipakai oleh Dinas Pertanian Provinsi Jateng untuk mendukung kegiatan mensosialisasikan Kartu Tani.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis