Headlines News :
purbalingga
Home » » 'Luna' Kuda Istimewa Dari Desa Serang

'Luna' Kuda Istimewa Dari Desa Serang

Written By Kabare Bralink on Monday, May 16, 2016 | 4:40 PM

PURBALINGGA – Desa Serang, Kecamatan Karangreja, patut diacungi jempol. Pasalnya, setelah menjadi destinasi Desa Wisata yang baru-baru ini dikunjungi oleh Menteri ESDM beserta keluarga, kini memiliki pemikiran cemerlang dari seroang Ridwan Sururi. Dia menggagas adanya Kuda Pustaka, perpustakaaan keliling yang diangkut oleh Luna si Kuda Pustaka.

Gagasan yang sudah dijalani Ridwan dan Luna sejak Desember 2014, ternyata mendapat perhatian luar biasa dari berbagai pihak. Bupati asal karangreja, Tasdi bahkan akan menambah satu kuda lagi agar operasional Kuda Pustaka dapat lebih lancar dan area layanannya makin luas.

Sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah, nanti akan kita tambah sarana dan prasarananya agar bisa lebih kreatif lagi. Kudanya kita tambah satu lagi untuk membawa orangnya. Jadi yang untuki mengangkut buku ada, yang ditunggangi Pak Sururi juga ada,” ujar Bupati Tasdi saat pembukaan acara Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke 14 di Lapangan Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Senin (16/5).

Pada acara tersebut, Luna Si Kuda Pustaka menjadi salah satu pendukung acara bersama sejumlah kagiatan lainnya, seperti pelayanan pembuatan administrasi kependudukan oleh Dinpendukcapil, Sosialisasi anti Narkoba oleh BNN Kabupaten Purbalingga dan gelar produk lokal Purbalingga.

Selain tambahan seekor kuda, Bupati Tasdi juga akan menambah koleksi buku untuk melengkapi koleksi Kuda Pustaka yang sudah ada. Harapannya, Kuda Pustaka dapat lebih inovatif dalam mengajak masyarakat gemar membaca buku.

Saya juga mengajak para pejabat, Camat dan lainnya untuk bisa mensuport kegiatan ini (Kuda Pustaka-red). Bilamana mempunyai buku-buku yang bermanfaat untuk dapat dikumpulkan dan diberikan kepada Kuda Pustaka, sehingga dapat mempercepat upaya mencerdaskan rakyat Purbalingga termasuk masyarakat di wilayah Kecamatan Karangreja ini,” katanya.

Ridwan Sururi, pengelola Kuda Pustaka mengaku senang mendapat tambahan perhatian dari Bupati. Ia menuturkan, saat ini dirinya sudah memiliki koleksi buku sebanyak 2.500 judul terdiri dari 3000 eksemplar. Buku-buku tersebut diperolehnya dari sumbangan berbagai pihak seperti Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah, dari Kabupaten, perorangan dan komunitas. Bahkan juga ada sumbangan dari luar negeri seperti Singapura, Amerika dan Belanda. Untuk operasional, Ridwan Sururi memanfaatkan kuda yang dipeliharanya, Luna.

Luna itu kuda milik orang tapi saya yang memelihara. Alhamdulillah sebelumnya saya sudah mendapat bantuan seekor kuda dari Jerman. Dan Hari ini Pak Bupati nambahi satu lagi,” katanya.

Dia mengaku mau melakukan kegiatan perpustakaan keliling secara gratis hanya untuk memenuhi kepuasan batinnya. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Ridwan juga memanfaatkan Luna sebagai kuda wisata yang beroperasi di Rest Area Lembah Asri Desa Wisata Serang.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis