Headlines News :
purbalingga
Home » » Ramai! Anak-anak PAUD Tumpah di Wisata Purbasari

Ramai! Anak-anak PAUD Tumpah di Wisata Purbasari

Written By Kabare Bralink on Wednesday, May 4, 2016 | 11:05 AM

PURBALINGGA – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2016, Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga menggelar Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Purbasari pada Selasa (03/05). Kegiatan tersebut bekerjasama dengan HIMPAUDI Purbalingga, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Purbalingga dan juga Pengelola Obyek Wisata Pendidikan Aquarium Raksasa Purbasari Pancuran Mas.

Dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Djarot Sopan Rijadi, Bupati Purbalingga mengatakan bahwa anak-anak adalah anugerah dan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus selalu dijaga dan menjadi tanggungjawab orangtua, masyarakat dan Pemerintah untuk memberikan pendidikan dan pembinaan dari mulai usia dini.

Anak berhak mendapatkan pelayanan pendidikan dan juga kesehatan sesuai kebutuhan hidup dan mentalnya untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya,” kata Djarot.

Selain itu, Djarut menegaskan, bahwa tidak kalah pentingnya agar perlu diketahui bahwa anak mempunyai hak bermain, bergaul, dapat memanfaatkan waktunya untuk berkreasi dan beristirahat. Orangtua, masyarakat dan Pemerintah mempunyai kewajiban sama yaitu memberikan perlindungan terhadap eksploitasi anak apalagi kekerasan yang terjadi pada anak.

Kegiatan gebyar PAUD ini sangat positif, mengajak anak-anak untuk senantiasa merasa senang, merasa gembira karena bisa bermain sekaligus mendapatkan pendidikan sesuai haknya,” tambah Djarot.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi mengatakan, Gebyar PAUD ini untuk memotivasi bermain dan belajar, serta mengembangkan bakat dan kreatifitas anak usia dini. Kegiatan ini juga ditujukan untuk memacu para Guru dan pembimbingnya untuk lebih meningkatkan kompetensinya dalam tugas pembelajaran anak usia dini disamping itu juga meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembinaan anak-anak khususnya pada usia dini.

Gebyar PAUD dilaksanakan mulai dari dari tingkat Kecamatan, Kabupaten dan untuk tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2016 bertempat di Kabupaten Banyumas ,” kata Tri Gunawan.

Berbagai jenis festival dilaksanakan dalam gebyar PAUD kali ini dibagi berjenjang yaitu jenjang kelompok bermain dan jenjang anak yang memperlombakan diantaranya memindahkan bola, memeras kelapa parut, menata botol, menempel pola pelepah pisang, memasukan kelereng kedalam botol, melukis kanvas, dan sebagainya.

Tri Gunawan berharap, kerjasama yang baik antara HIMPAUDI, IGTKI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga akan senantiasa menjadi sinergitas positif untuk bersama-sama membangun kualitas pendidikan di Kabupaten Purbalingga terutama pada anak usia dini.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis