Headlines News :
purbalingga
Home » » Siswa Ini Menjadi Juara Umum Kelulusan SMA Se-Purbalingga

Siswa Ini Menjadi Juara Umum Kelulusan SMA Se-Purbalingga

Written By Kabare Braling on Tuesday, May 10, 2016 | 11:22 AM

Wisuda SMAN 1 Purbalingga
PURBALINGGA – Pengumuman kelulusan untuk tingkat SLTA sudah disiarkan pada tanggal 07 Mei 2016. Dalam kelulusan tahun ini, SMA N 1 Purbalingga patut berbangga, karena siswa dari kelas XII IPA, Bagas Anindito menjadi wisudawan terbaik sekaligus peraih nilai ujian nasional tertinggi se-kabupaten Purbalingga. Putra dari seorang guru dan jurnalis, Prasetyo, mendapatkan total nilai UN 547,5 atau rata-rata 91,25 dengan perincian nilai Bahasa Indonesia 92,00; Bahasa Inggris 78,00; Matematika 100, Fisika 95,00; Kimia 87,50 dan Biologi 95,00. Bagas dan 350 lulusan lainnya diwisuda Senin (9/6) di halaman sekolah.

Tahun ini kami meluluskan 100 persen siswa. Jumlahnya 351 lulusan, terdiri 260 dari Kelas XII jurusan IPA dan 91 Klas XII jurusan IPS,” kata Kepala SMAN 1 Purbalingga, Kustomo.

Prosesi wisuda SMAN 1 Purbalingga disemarakkan oleh pentas wayang kulit dengan lakon Petruk Mbukak Privat oleh dalang remaja yang juga siswa SMAN 1 Purbaingga, Rizki dan Havara. Juga diisi paduan suara dan tari-tarian.

Kustomo mengatakan, untuk tingkat SMA se-Kabupaten Purbalingga, SMAN 1 Purbalingga menduduki peringkat atas perolehan nilai UN untuk jurusan IPA maupun IPS. Dalam hal ini, peringkat 1 sampai 5 untuk jurusan IPA SMA se-Purbalingga, berturut-turut diraih SMAN 1 Purbalingga, SMAN 1 Kemangkon, SMAN 1 Padamara, SMAN 2 Purbalingga dan SMAN 1 Bukateja. Sedangkan untuk jurusan IPS, peringkat 1 sampai 5 berturut-turut dirah SMAN 1 Purbalingga, SMAN 2 Purbalingga, SMAN 1 Bobotsari, SMAN 1 Kemangkon dan SMAN 1 Bukateja.

Dari 16 SMA negeri maupun swasta, atau 22 sekolah termasuk Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta se-Purbalingga, perolehan nilai UN maupun rata-ratanya SMAN 1 Purbalingga yang terbaik dan tertinggi,” ujarnya.

Kustomo menambahkan, sebagai penghargaan atas prestasi yang diraih siswa-siswanya, pihaknya memberikan sejumlah uang kepada tujuh siswa berprestasi. Yakni Bagas Anindito dari jurusan IPA sebagai juara umum yang memperoleh nilai UN 547,5. Selanjutnya penghargaan diberikan kepada Ivan Robi Pratama (IPA, 518), Rizalul Hanif (IPA, 518), Tata Pacu Maulidina (IPA, 516,5), Azmi Firmansyah (IPS,514,00), Salma Nurhalisa (IPS, 504), Destya Ingga Rafina (IPS, 502). Penghargaan juga diberikan kepada empat siswa yang memperoleh nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika.

Sementara itu hingga Senin sore, menyusul pengumuman jalur undangan lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sebanyak 63 siswa SMAN 1 Purbalingga diterima lewat jalur undangan. Mereka tersebar di sejumlah perguruan tinggi negeri, seperti UGM, IPB, ITB, Undip, UNS, Unsoed, Unnes, UNY dan Unibraw.

Karena server SNMPTN masih sulit diakses, sementara secara manual yang terdata diterima lewat jalur undangan baru 63. Kemungkinan masih bisa bertambah. Untuk tahun lalu, yang diterima lewat jalur undangan 77 siswa,” ujar guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Purbalingga, Drs. Pranowo.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis