Headlines News :
purbalingga
Home » , » Wah, Asyik! Di Sini Pengunjung Bisa Melihat Arjuna

Wah, Asyik! Di Sini Pengunjung Bisa Melihat Arjuna

Written By Kabare Braling on Tuesday, May 10, 2016 | 4:13 PM

PURBALINGGA – Pengembangan destinasi wisata saat ini terus ditingkatkan. Baik wisata baru maupun yang sudah lamadi. Dari wisata alam maupun wisata lain seperti museum yang ada di Sanggaluri Park, Jalan Raya Kutasari, Purbalingga. Di sini, bukan hanya menyajikan tentang tempat-tempat untuk rekreasi semata namun juga bisa memerikan pendidikan dan informasi yang menarik bagi pengunjung.


Dari mulai Museum Wayang dan Artefak, pengunjung bisa melihat-lihat dan menikmati koleksi wayang dan beragam artefak di sini. Wayang-wayang itu berasal dari berbagai daerah dan berbagai jenis serta ukuran. Pengunjung dapat dengan puas melihat sosok-sosok pandawa yang terkenal dari jagat cerita rakyat tentang kisah Mahabharata. Bahkan, ada wayang yang mengisahkan tentang peperangan Adipati Karna dengan Sang Arjuna. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri pagi pengunjung, karena kisah-kisah tersebut sangatlah tenar dan dikenang oleh masyarakat Jawa.

Selain kisah-kisah wayang pandawa, terdapat juga berbagai artefak dari zaman batu pada masa pra sejarah. Pengunjung bisa mempelajari tentang alat-alat yang digunakan pada masa lampau ketika manusia-manusia purba bertahan hidup.

Artefak yang terpajang di Museum Wayang dan Artefak

Setelah puas dari museum wayang dan artefak, pengunjung bisa berlanjut ke Taman Unggas. Keindahan binatang-binatang cantik menjadi daya tarik tersendiri khususnya wisatawan yang masih anak-anak. Terdapat merak yang cantik dan sangat mempesona ketika mengepakkan sayapnya. Dan, bukan hanya sebuah keindahannya saja yang disuguhkan di sini, melainkan pengunjuang bisa belajar tentang nama, asal muasal unggas tersebut, karena di setiap kandang raksasa, terdapat informasi mengenai binatang yang ada di dalamnya.
Jembatan untuk memacu adrenalin
Ketika merasa capek dari museum wayang dan taman unggas, wisatawan bisa bersantai di tempat duduk yang telah disediakan, atau menikmati taman batu yang unik dan menarik. Yang kemudian bisa dilanjutkan untuk ikut terapi ikan dan ataupun memacu adrenalin untuk mengecek keseimbangan tubuh di jembatan goyang. Pengunjung yang ingin menjajal keseimbangan tubuhnya, bisa berjalan di atas jembatan sederhana dan berpegangan pada tali. Rasanya sungguh luar biasa, kalau tidak seimbang, pastinya akan jatuh.

Setelah bosan di tempat yang lapang, pengunjung bisa masuk ke Museum Uang. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang menarik dan sangat bagus untuk belajar. Pecahan uang terkecil hingga terbesar dari zaman dahulu berderet rapi sesuai dengan negara mata uang tersebut. Tak hanya itu, di museum uang pun bisa melihat koleksi perangko-perangko dari zaman dulu.

Halaman museum uang
Museum selanjutnya untuk belajar, tentu Rumah Prestasi. Di mana terdapat informasi menarik tentang Sains dan Teknologi serta Sejarah. Sederet prestasi dari anak-anak Purbalingga pun terpampang di Museum ini. Setelah belajar dan membaca profil Albert Einstein di sini, kita bisa melanjutkan ke wahana selanjutnya, Ruang Reptil.

Salah satu informasi di Rumah Prestasi
Pengunjung berfoto dengan salah satu reptil
Terdapat jenis-jenis reptil dan serangga yang hidup maupun sudah menjadi fosil. Meskipun reptil di sini banyak yang berbahaya, tetapi aman untuk wisata dengan anak-anak, karena reptil-reptil tersebut di tempatkan di rumah kaca yang dan tidak bisa dijangkau dengan tangan oleh pengunjung. Namun, bagi yang ingin berfoto atau berpose dengan reptil bahaya seperti ular, pengunjung bisa meminta bantuan kepada pengurus agar foto dekat dengan binatang tersebut.

Berofoto dengan fosil kupu-kupu
Sanggaluri Park memang cocok untuk berlibur bagi siapa saja. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Di tempat ini, belajar sambil bermain serta riang. Selain itu, tiket masuk juga relatif murah. Hanya Rp 13.000,00 (tiga belas ribu rupiah) pengunjung bisa menikmati wisata sekaligus belajar di dalam Sanggaluri Park.

(Kabare Bralink/Ery)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis