Headlines News :
purbalingga
Home » » 469 Jamaah Ikuti Geladi Resik Manasik Haji

469 Jamaah Ikuti Geladi Resik Manasik Haji

Written By Kabare Braling on Wednesday, July 27, 2016 | 3:16 PM

PURBALINGGA – Pada hari Rabu sampai Kamis (27-28/7) sejumlah 469 calon jamaah haji dari Kabupaten Purbalingga mengikuti manasik haji. Diselenggarakan di Gedung Khong Wan, acara dibuka langsung oleh Bupati Tasdi dan diikuti calon jamaah haji serta petugas tenaga kesehatan haji daerah (TKHD) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya, Bupati Tasdi menegaskan, bahwa apapun bentuknya, pelaksanaan ibadah haji di Purbalingga, panitia dilarang menarik pungutan-pungutan kepada para jamaah calon haji. Karena pada tahun ini selain sudah membentuk kepanitiaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dalam Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (APBD) sudah mengalokasikan anggaran Rp 559 juta untuk membiayai semua keperluan semua jamaah dan panita. Menurut bupati, alokasi untuk kegiatan haji tahun ini merupakan terbesar sepanjang pelaksanaan ibadah haji yang dibiayai oleh pemkab, karena negara harus hadir membantu rakyat.

Untuk pembiayan penyelenggaraan haji sebesar Rp 559 juta merupakan terbesar dari alokasi-alokasi pada sebelumnya, karena negara harus hadir didepan rakyat, begitu juga ketika jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci, pemerintah hadir dengan membantu biaya penyelenggaraan haji dan saya tegaskan kembali, bahwa pelaksanaan haji tidak boleh lagi memungut biaya apapun, kecuali biaya untuk syukuran diinternal para jamaah dipersilahkan,” terangnya.


Bupati menambahkan, bahwa tugas panitia penyelenggara haji daerah adalah mengawal persiapan jamaah haji Purbalingga mulai dari pelepasan sampai dengan ke asrama haji Donohudan, dan kembali ke Purbalingg. Selain itu, untuk jumlah calon haji dari Purbalingga tahun ini sebanyak 470 orang yang meninggal satu orang sehingga jumlahnya tinggal 469 orang. Dari jumlah tersebut mereka terbagi dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama kelompok terbang (kloter) 12 berangkat hari Jumat, 12 Agustus jumlahnya 355 orang, kemudian gelombang kedua kloter 53 berangkat tanggal 28 Agustus jumlahnya 113 orang, dengan start dari Pendapa Dipokusumo.

Kami bersama wakil bupati juga akan mengantar jamaah dari Purbalingga hingga ke asrama Donohudan,” ungkapnya.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji Dan Umroh pada Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Purbalingga, Mukhlis Abdilah menjelaskan, bahwa saat ini, persiapan penyelenggaraan ibadah haji oleh pihaknya telah melimpahkan semua dokumen calon jamaah haji berupa paspor untuk kloter 12 dan 53 ke kantor wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah untuk dibuatkan visa sekaligus juga pra manifest untuk dokumen penerbangan.

Insya Allah semua persiapan sudah dilaksanakan dan untuk semua dokumen jamaah berupa paspor untuk kloter 12-53 sudah dilimpahkan ke Kanwil Provinsi jawa Tengah untuk dibuatkan visanya serta sekaligus disampaikan juga pra manifest untuk dokumen penerbangan,” jelasnya.

Menurutnya, pelaksanan haji untuk penerebitan visa untuk sistem E-Haji tersebut, dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi pengusulannya adalah per Kloter, sehingga masing-masing Kabupaten/Kota diambil kloter yang penuh terlebih dahulu. Sedangkan sisanya akan diakumulasikan dahulu dengan kab/kota terdekat agar bisa dibentuk kloter, baru diajukan visanya. Sehingga tahun ini sudah disosialisasikan, sekaligus agar bisa dipahami, karena jumlah jamaah di masing-masing kabupaten/kota tidak sama serta jumlahnya tidak genap, sehingga ada sebagian jamaah kabupaten Purbalingga yang ikut dengan jamaah dari daerah lain.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis