Headlines News :
purbalingga
Home » » Mayuh Dukung 'Ardi Mandala Giri' Mewakili Purbalingga dalam Jambore Pokdarwis Se-Jateng

Mayuh Dukung 'Ardi Mandala Giri' Mewakili Purbalingga dalam Jambore Pokdarwis Se-Jateng

Written By Kabare Bralink on Friday, July 22, 2016 | 8:23 AM

Susur Sungai di Kali Arus, Dusun Batur, Panusupan
PURBALINGGA – Setelah berhasil masuk nominasi dalam lomba apresiasi Pokdarwis tingkat Jateng, Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) ‘Ardi Mandala Giri’ Desa wisata Panusupan, Kecamatan Rembang, kembali terpilih untuk mengikuti konvensi dan apresiasi Pokdarwis yang dikemas dalam acara Jambore Pokdarwis tingkat Jateng. Jambore akan berlangsung selama tiga hari di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, 29 – 31 Juli pekan depan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, jambore pokdarwis merupakan ajang pembinaan sadar wisata dan sekaligus untuk membangun jejaring antar Pokdarwis dan dinas kabupaten/kota se-Jateng.


Jambore Pokdarwis juga sebagai media studi banding, menambah wawasan anggota dan dinas kabupetan/kota pengelola pariwisata. Hal yang bisa dipelajari dalam studi banding itu antara lain tentang atraksi wisata, kelembagaan, anggaran, peran, fungsi serta manajemen,” kata Prayitno pada pembekalan peserta jambore Pokdarwis di aula kantor setempat, Kamis (21/7).
Pokdarwis merupakan salah satu upaya pengembangan pariwisata daerah dalam rangka peningkatan peran masyarakat untuk kampanye sadar wisata.

Melalui jambore dan konvensi ini diharapkan masyarakat terlibat langsung dalam pembangunan kepariwisataan di lingkungannya dan sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku wisata,” kata Prayitno.
Kegiatan selama konvensi, antara lain meliputi kunjungan ke daya tarik wisata di desa wisata Ponggok, kemudian aksi tanggap Sapta Pesona, paparan hasil visit di lokasi daya tarik wisata, dan outbond fun game.


Selama mengikuti rangkaian kegiatan, para peserta tentunya saling berinteraksi dan diharapkan sebanyak mungkin untuk saling bertukar pengalaman dalam pengelolaan Pokdarwis maupun pengelolaan desa wisata,” harap Prayitno.
Prayitno menambahkan, setelah digelar Jambore Pokdarwis, peserta terbaik selain mendapat hadian tropi dan uang pembinaan, juga akan diajak mengikuti temu mitra dengan Pokdarwis di luar Provinsi Jateng,” tambahnya.

Semoga berhasil, semangat terus dan terus berjuang, teman-teman!


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis