Headlines News :
purbalingga
Home » » Kelompok Tani Marga Utama Targetkan Prestasi Nasional

Kelompok Tani Marga Utama Targetkan Prestasi Nasional

Written By Kabare Bralink on Thursday, August 25, 2016 | 11:06 AM

PURBALINGGA – Kelompok Tani Marga Utama Desa Kutasari Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga dikunjungi Team Verifikasi Kelompok Tani Berprestasi tingkat Nasional dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) yang diketuai oleh Ir. Dani Permadi didampingi Team Pembina Kelompok Tani dari Provinsi Jawa Tengah yang diketuai oleh Eko Pranoto, SP, pada Rabu siang (24/08). Verifikasi yang dilakukan team dari Kementan ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi di lapangan karena kelompok tani Marga Utama berhasil menjadi juara 1 tingkat Provinsi dan berhak mewakili Jawa Tengah pada lomba kelompok tani berprestasi tingkat Nasional.

Bupati Purbalingga Tasdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Purbalingga adalah daerah agraris yang sebagian penduduknya bermata pencaharian di sektor pertanian dengan luas lahan mencapai 65.660 hektar. Sedangkan kondisi tanah Purbalingga yang terdiri dari dataran rendah maupun dataran tinggi dengan kondisi tanah yang subur memungkinkan seluruh komoditas pertanian dapat ditanam di Purbalingga.

Khusus untuk jagung sebagai komoditas unggulan, lanjut Bupati Tasdi, pada tahun 2016 ini target produksi jagung Purbalingga sebesar 47.164 ton jagung pipilan kering dengan luas panen 7.867 hektar. Sedangkan realisasi sampai dengan bulan Juli 2016 mencapai 36.220 ton jagung pipilan kering atau telah mencapai angka 70% dari target dengan luas panen 6.908 hektar atau 88,19 % dari target.

Insya Allah sampai dengan akhir tahun 2016 ini, target akan terwujud,” kata Bupati Tasdi.

Bupati Tasdi juga menyampaikan terimakasih kepada Team dari Kementan beserta seluruh rombongan dan berharap kunjungan dari Kementan ini akan menambah semangat petani di Purbalingga khususnya petani jagung Kutasari sehingga bisa disertifikasi pangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani dan untuk komitmen tahun 2017 yaitu pada kesiapan kelompok tani Marga Utama untuk pakan ternak Pemkab Purbalingga akan sepenuhnya memberikan dukungan.

Sementara itu Team Kementan Dani Permadi menyampaikan bahwa setelah melakukan verifikasi, pihaknya berharap ada nilai tambah yang diperoleh dan juga meminta kesiapan dari kelompok tani Marga Utama yang telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk mencapai prestasi tingkat Nasional.


Maka sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah harus terjalin baik sehingga mudah mewujudkan prestasi untuk daerahnya,” demikian kata Dani Permadi.

(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis