Headlines News :
purbalingga
Home » , » Yuk, Nonton Pawai Karnawal Purbalingga yang Meriah, Ini Jadwalnya!

Yuk, Nonton Pawai Karnawal Purbalingga yang Meriah, Ini Jadwalnya!

Written By Kabare Braling on Thursday, August 25, 2016 | 3:21 PM

PURBALINGGA - Sejumlah kegiatan pawai atau karnaval bakal digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga sebagai penutup agenda Bulan Kemerdekaan dalam rangka peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada Bulan Kemerdekaan tahun ini Pemkab sengaja memecah sejumlah kegiatan pawai/karnaval menjadi lima jenis kegiatan.

Yakni Pawai Sepeda Hias yang telah dilaksanakan pada Minggu (21/8), kemudian Rally Merah Putih pada Sabtu (27/8) mulai pukul 13.00 dilanjutkan Pawai Mobil Hias pada pukul 18.00. Lainnya Pawai Komunitas Motor pada Minggu (28/8) dan terakhir Pawai/Karnaval Kemerdekaan dilaksanakan Selasa (30/8) mulai pukul 07.30 WIB.

Tujuannya untuk memfasilitasi berbagai komponen yang ada di kabupaten Purbalingga. Sekaligus sebagai hiburan bagi masyarakat,” kata Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga, Rusmo Purnomo, Rabu (24/8).


Panitia Rally Merah Putih Edy Suryono mengungkapkan, kegiatan Rally Merah Putih diikuti oleh komuninitas mobil baik di Purbalingga maupun di luar kabupaten Purbalingga khususnya eks Karesidenan Banyumas. Hingga saat ini peserta Rally Merah Putih yang sudah terdaftar mencapai 200 peserta belum termasuk peserta lokal kabupaten Purbalingga.

Mereka akan berkeliling kabupaten Purbalingga dengan rute rally mulai dari Alun Alun Purbalingga menuju Jalan Raya Kaligondang, Pengadegan, istirahat di MTL Jenderal Soedirman Rembang. Rally dilanjutkan menyusuri jalan Wanogara Wetan, Wanogara Kulon, Karangmoncol, Kertanegara, Karanganyar, Bobotsari, Mrebet, kemudian Istirahat di Owabong dan finish di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga.

Di Stadion peserta Rally Merah Putih bergabung dengan peserta Pawai Mobil Hias. Namun demikian untuk peserta Rally dari luar kota kami tidak mewajibkan mengikuti Pawai Mobil Hias. Mereka bisa langsung pulang,” jelas Edy Suryono.

Pawai Mobil Hias yang akan diikuti oleh jajaran SKPD, BUMD dan Perusahaan se Kabupaten Purbalingga mengambil rute dari Alun Alun Purbalingga menuju Bunderan Kodim, Kedungmenjangan, Mewek, Penambongan, menyusuri Jalan Soekarno Hatta (Lingkar Selatan), Terminal Bus, Taman Makam Pahlawan, Jl. A Yani, Pertigaan Kompo, Jl Letjend Suprapto, Patung Knalpot, Simpang Sirongge, RSUD Goeteng Tarunadibrata, Pasar Mandiri, Jl. Pujowiyoto, Jl. Kapten Sarengat, Perempatan Banteng, Jl Letkol Isdiman dan finish di Alun Alun Purbalingga.

Kegiatan pawai kembali digelar pada Minggu (28/8) yang diikuti seluruh komunitas sepeda motor di kabupaten Purbalingga.

Pawai Komunitas Motor mengambil start dan finish di Stadion Goentoer Darjono. Start mulai pukul 13.00 WIB,” tambah Rusmo.

Salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat saat memperingati HUT Kemerdekaan adalah diadakannya Pawai dan Karnaval Jalan Kaki. Tahun ini pemkab Purbalingga kembali menyelenggarakan kegiatan tersebut yang akan berlangsung pada Selasa (30/8).

Pelaksana kegiatan Karnaval, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Subeno menuturkan kegiatan pawai sekaligus untuk memberikan ruang bagi masyarakat mengekpresikan program dan potensi yang dimiliki untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Dan bagi pemkab untuk mengenalkan program-program yang dilakukan jajaran SKPD.

Peserta terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kecamatan dan kelompok SKPD lainnya. Tema yang kita usung, Jateng Gayeng Purbalingga Grengseng,” katanya.

Baca juga : 

Subeno menuturkan, belajar dari kegiatan sebelumnya, panitia akan membagi pemberangkatan peserta dalam empat kelompok pemberangkatan. Kelompok Rayon 1 daerah persiapan Gang Mayong ke Utara start pukul 08.00 terdiri dari Kecamatan Karangjambu, Karangreja, Rembang, Karangmoncol dan Kecamatan Kertanegara.

Kemudian kelompok rayon 2 daerah persiapan Mayong ke Barat start mulai pukul 10.00 terdiri dari Kecamatan Karanganyar, Bobotsari, Pengadegan, Bukateja, Mrebet dan Kecamatan Kutasari.

Kelompok rayon 3 terdiri dari Kecamatan Kemangkon, Kaligondang, Kalimanah, Padamara, Bojongsari dan kecamatan Purbalingga. Peserta kelompok ini melakukan start pukul 12.00 dengan daerah persiapan Mayong ke Utara. Sedangkan untuk peserta SKPD dan kelompok lainnya masuk dalam Kelompok Rayon 4 yang diberangkatkan mulai pukul 14.00 WIB. Kelompok ini diminta mengambil daerah persiapan Mayong ke Barat.

Kita mengambil start di Pertigaan Mayong dan finish di Stadion Goentoer Darjono,” jelasnya.

Subeno merinci, rute yang akan dilalui dari pertigaan Mayong menuju Alun Alun, Jalan Jend Soedirman Timur arah Kodim, Bancar, Jl Letkol Isdiman dan finish di Stadion Goentoer Darjono.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis