Headlines News :
purbalingga
Home » , , » Ini Dia Pemenang Kakang Mbekayu Purbalingga 2016, Selamat kepada Kefas - Silviana

Ini Dia Pemenang Kakang Mbekayu Purbalingga 2016, Selamat kepada Kefas - Silviana

Written By Kabare Braling on Sunday, September 25, 2016 | 12:52 PM

PURBALINGGA – Kefas Caesar Pradata (Bank Jateng Cabang Purbalingga) dan Silviana Dewi Angelika (SMAN 1 Purbalingga)  terpilih juara I  Kakang dan Mbekayu Duta Wisata Purbalingga 2016.  Selain meraih predikat juara I Mbekayu, Silviana juga meraih juara untuk kategori peserta berbakat. Meski diiringi hujan gerimis, malam Grand Final pemilihan Duta Wisata Purbalingga yang berlangsung di alun-alun setempat, Sabtu (24/9) malam berlangsung meriah. Letupan kembang api bak layaknya pesta tahun baru mewarnai penganugerahan para juara.

Sementara untuk juara II dan III Kakang masing-masing diraih Dava Wardana (SMAN 1 Purbalingga) dan Yusripun (SMKN 3 Purbalingga). Sedang juara II dan III Mbekayu masing-masing diraih Ria Ermawati  (Bobotsari) dan Nida Aulia Pradita (Polres Purbalingga).

Panitia yang dimotori Dinas Kebudayaan Pariwisata pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga juga menetapkan sejumlah kejuaraan. Untuk juara Favorit diraih Arman Maulana (SMAN 1 Purbalingga), juara berbakat  Silviana Dewi Angelika, juara Persahabatan Ryan Koesmulyadi (Kecamatan kota), Fotogenik Lucia Maretha Hadsa Dini (perseorangan dari Kecamatan Kalimanah), Inspiratif  Muhamad Aji Nugroho (SLB Purbalingga). Panitia juga memberikan predikat ambasador mancanegara Lorenzo Di Francesc Antonio (Italia), dan  Ericka Carcache (Columbia).
 
Bersama Ericka Carcache (Columbia)
Khusus untuk dua ambasador itu sengaja diikutkan untuk meramaikan pemilihan duta wisata dan sekaligus sebagai upaya promosi wisata Purbalingga di negara asalnya.

“Selama saya mengikuti kegiatan outdoor activity dan mengunjungi sejumlah tempat wisata serta desa wisata, saya sangat bangga dengan Purbalingga. Keindahan alamnya sungguh luar biasa. Saya akan mempromosikan wisata Purbalingga untuk teman-teman dan kerabat saya di Columbia, Amerika,” tutur Erica.
Silviana, Mbekayu Purbalingga 2016

Bupati Purbalingga Tasdi yang membuka acara tersebut menjanjikan bonus uang tunai kepada juara I Kakang Mbekayu jika nantinya mampu meraih juara I di tingkat Provinsi Jateng dan juara I di tingkat nasional.

“Jika mampu meraih juara 1 tingkat Jateng, saya janjikan bonus Rp 10 juta, jika menjadi juara I nasional, saya berikan bonus Rp 20 juta,” janji  Tasdi.

Di bagian lain, Bupati Tasdi mengatakan, Pemkab Purbalingga terus mendorong pembangunan sektor pariwisata. Hal ini sejalan dengan salah satu misinya, khususnya misi kelima yang telah ditetapkan dalam kurun waktu pembangunan tahun 2016 – 2021.


“Kami ingin Purbalingga menjadi destinasi wisata utama di Jateng. Hal ini sangat mungkin jika kita terus bekerja keras mengembangkan sektor pariwisata. Disisi lain, sektor pariwisata juga terbukti mampu menggerakan perekonomian masyarakat, dan pendapatan kepada daerah,” kata Tasdi.

Sementara itu, Kepala Dinbudparpora Purbalingga Drs Subeno, SE, M.Si mengatakan, ajang pemilihan Kakang Mbekayu Duta Wisata tahun 2016 ini dikemas dengan nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Lokasi malam grand final sengaja dipilih di alun-alun agar masyarakat luas bisa menyaksikan.

“Peserta pemilihan pada tahun ini lumayan banyak, ada 123 orang dan akhirnya terseleksi menjadi 20 orang yang masuk finalis,” kata Subeno.

Para finalis mengikuti serangkaian kegiatan seperti outdoor activity dengan mengunjungi desa wisata dan destinasi wisata lainnya, ajang bakat, dan karantina. Kegiatan selama karantina antara lain pembekalan tentang kebudayaan, kewirausahaan, jurnalistik, penyusunan makalah wisata, fotografi, pembekalan kepariwisataan, cerita tentang Purbalingga,tata rias, materi tata krama dantata busana, psikologi, table manner, publick speaking, dan Ngopi dan dopokan bareng ngermbug wisata balai pertemuan desa wisata Karangbanjar.

“Dalam setiap rangkaian kegiatan ini, juri sudah mulai bisa mengukur kemampuan peserta, baik dari kemampuan bahasa ingrris, penguasaan materi kepariwisataan, dan penampilan diri,” kata Subeno.

Sementara dalam malam Grand Final dimeriahkan penampilan band Fourty Five, pantomin dari siswa SLB, fashion show dari siswa SMKN 1 Bojongsari.

(Kabare Bralink/Wisata)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis