Headlines News :
purbalingga
Home » » Potensi Wisata Saat ini Menjadi Sesuatu yang Diunggulkan

Potensi Wisata Saat ini Menjadi Sesuatu yang Diunggulkan

Written By Kabare Braling on Thursday, September 29, 2016 | 10:06 AM

PURBALINGGA – Potensi unggulan Kabupaten Purbalingga yang meliputi pertanian, manufaktur, kerajinan , makanan olahan serta perdagangan juga jasa, ketenagakerjaan dan pariwisata.

Namun tidak kalah menarik adalah potensi unggulan di bidang pariwisata yang ada di Purbalingga,” ujar Asisten Administrasi Sekda Purbalingga, Gunarto, di hadapan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur di Ruang Rapat Bupati, Rabu (28/9).

Menurut Gunarto, potensi pariwisata ataupun sektor pariwisata sangat penting dalam pengembangan perekonomian daerah. Sektor tersebut juga dapat dijadikan sumber pendapatan daerah yang potensial.

Di Purbalingga, pariwisata tumbuh dari upaya memanfaatkan potensi alam maupun dengan membuat objek wisata buatan yang memiliki kekhasan dan keunggulan suatu daerah, salah satu objek wisata buatan adalah Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong),” tuturnya.

Objek wisata lainnya, sambung Gunarto, adalah Purbasari Pancuran Mas, Taman Reptil, Museum Uang dan lain-lain. Menurutnya, pendapatan dari sektor tersebut memberikan kontribusi cukup besar bagi Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Purbalingga.

Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purbalingga Umar Fauzi menuturkan, bahwa kinerja urusan pariwisata dapat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya yakni pada program pengembangan destinasi pariwisata yang terdiri empat indikator. Indikator tersebut diantaranya jumlah objek wisata, wahana baru pada objek wisata serta jumlah kelompok sadar wisata (Pokdarwis) atau pemandu wisata dan jumlah penyerapan tenaga kerja pada sektor tersebut.

Dan pada program pengembangan promosi pariwisata terdapat indikator nilai tambah pada sektor-sektor pendukung pariwisata,” jelasnya.

Nilai tambah sektor-sektor pendukung pariwisata sambung Umar, adalah pada sektor Produk domestik regional bruto (PDRB) hotel dan restoran, PDRB sektor transportasi, jumlah kunjungan wisatawan dan rata-rata tingkat hunian hotel serta rata-rata lama tinggal wisatawan juga jumlah pendapatan asli daerah (PAD) tingkat pariwisata.


(Kabare Bralink/Wisata)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis