Headlines News :
purbalingga
Home » , » Rizki, Dalang Muda dari Purbalingga yang Ciamik

Rizki, Dalang Muda dari Purbalingga yang Ciamik

Written By Kabare Bralink on Monday, September 19, 2016 | 7:14 AM

PURBALINGGA - Dalam rangka menyemarakkan Hari Radio Ke 71, Radio Republik Indonesia (RRI) Purwokerto selenggarakan Pakeliran Padat Wayang Kulit Dalang Remaja, Sabtu (17/9) di RRI Purwokerto. Acara tersebut diikuti tiga kabubaten yang merupakan eks-karesidenan Banyumas, yakni Cilacap, Purbalingga dan Banyumas dengan dalang-dalang remaja yang lihai dan memukau.

Ki Rizki Widia Faturrahman, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purbalingga mewakili Purbalingga menjadi Dalang Pedati Purbalingga. Turut hadir dalam Pagelaran Wayang Kulit Kepala Dinbudparpora, Kepala Dindik Purbalingga, perwakilan guru dan siswa SMA N 1 Purbalingga serta SMP N 1 Purbalingga. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinbudparpora, Subeno berkesempatan memberikan sambutan singkat mewakili Bupati Purbalingga.

Subeno mengatakan, Pemkab Purbalingga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada RRI Purwokerto yang merupakan salah satu lembaga yang konsen terhadap pengembangan kebudayaan wayang kulit. Pemkab Purbalingga juga mengucapkan terima kasih atas kesempatannya dapat menampilkan dalang remaja Ki Rizki (16) yang merupakan salah satu dalang muda berpotensi dari Purbalingga.


Kegiatan pentas wayang kulit semacam ini patut kita apresiasi dan sambut hangat,” ungkap Subeno.

Wayang sebagai salah satu pilar utama seni budaya Indonesia yang harus dipelihara, dikembangkan dan dilestarikan. Subeno menegaskan, Sudah menjadi kewajiban bersama baik pemerintah dan masyarakat untuk tetap mempertahankan kebudayaan yang sudah mulai langka. Pemerintah harus ikut andil dalam pengembangan seni dan budaya daerah terutama dalam mencari bibit unggul pemuda berbakat.


Pentingnya peran Dinbudparpora dan Pemerintah untuk aktif mengembangkan dan melestarikan kesenian wayang kulit di Daerah. Pemerintah harus mampu memfasilitasi potensi-potensi unggulan terutama para pemuda yang kelak akan menjaga dan mempertahankan seni dan budaya yang ada di daerah, kata Subeno.

Dalam rangka membangun budaya dan mengembangkan potensi anak muda, Pemkab Purbalingga akan membangun gedung kesenian, lanjut Subeno. Gedung tersebut akan dijadikan sebagai wahana bagi para seniman Purbalingga untuk berkreasi dan mengembangkan potensi sehingga Purbalingga makin berkembang di bidang seni dan budaya. Pemkab juga akan memberikan seperangkat gamelan di setiap kecamatan agar wayang kulit dan seni karawitan tetap lestari.

Semoga bakat seniman pemuda Purbalingga akan semakin berkembang,” ujar Subeno.

Sebagai dalang remaja kebanggaan Pemkab Purbalingga, Ki Rizki dengan piawai membawakan cerita 'Topeng Perunggu' dengan lakon utama Gatotkaca. Cerita tersebut dibawakan sesuai dengan semangat pemuda yang mengidolakan tokoh Gatotkaca yang terkenal digdaya mandraguna. Dengan ketangkasan dan bakat yang dimilki, Ki Rizki mampu menghanyutkan penonton dalam kisah 'Topeng Perunggu' yang dibawakan olehnya.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis