Headlines News :
purbalingga
Home » » Tantangan Semakin Berat Dalam Mendidik Anak di Era Globalisasi

Tantangan Semakin Berat Dalam Mendidik Anak di Era Globalisasi

Written By Kabare Braling on Sunday, September 25, 2016 | 12:24 PM


PURBALINGGA - Di era globalisasi, tantangan orang tua dalam mendidik karakter anak sangat berat. Hal tersebut di karenakan adanya kemajuan informasi dan teknologi yang terus berkembang. Pola asuh anak menjadi hal yang mendasar bagi orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga, Ny. Erni Widyawati Tasdi mengatakan, pola asuh anak merupakan hal mendasar yang perlu diketahui oleh setiap keluarga. Tugas mengasuh dan mendidik anak menjadi kewajiban orang tua. Orang tua harus mampu menyiapkan anak-anak menjadi generasi penerus bangsa  yang sehat, cerdas dan mandiri.

“Di era globalisasi saat ini, tantangan para orang tua dalam mendidik anak sangatlah berat. Pesatnya perkembangan teknologi informasi berdampak besar dalam kehidupan anak-anak kita,” kata Erni saat membuka penyuluhan di Gedung Graha Srikandi, Kamis (22/9)

Erni menambahkan orang tua sebagai pendidik, pengasuh dan pendamping berperan penting dalam tumbuh kembang anak agar mereka terhindar dari pengaruh negatif yang merugi. Asuhan semasa kecil akan berpengaruh besar terhadap perkembangan fisik dan mental anak di kehidupan yang mendatang.

“Selain peranan orang tua, peran pemerintah dan masyarakat juga turut berperan aktif dalam pelaksanaan pola asuh anak,” katanya.

Ketua Penyelenggara Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja, Ny. Tongat menyampaikan dilaksanakannya kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan para kader PKK agar bisa mengasuh anak-anaknya dengan baik. Selain itu juga bisa memberikan bekal penyuluhan, orientasi, dan sosialisasi kepada masyarakat terutama orang tua tentang mengasuh anak dan remaja.

“Dengan bertambahnya pengetahuan kader PKK dan para orang tua mengenai pola asuh anak remaja semoga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di keluarga maupun masyarakat,” tambah Ny.Tongat

Dari laporan ketua penyelenggara, sosialisasi diikuti oleh peserta sebanyak 54 orang yang terdiri dari 3 orang TP PKK Kabupaten Purbalingga, 18 orang Pokja I TP PKK Kecamatan dan 33 orang Pokja I TP PKK Desa / Kelurahan Binaan PKK Tahun 2016.

Ada 3 materi yang disampaikan yakni Materi tentang Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Materi tentang Fungsi Keluarga. Kemudian Materi tentang Pola Asuh Anak dan Remaja. Kegiatan di akhiri simulasi dengan menggunakan metode permainan.

Pada kesempatan itu juga Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga, Ny Erni Widyawati Tasdi memberikan penghargaan kepada perwakilan dari PKK Kecamatan Rembang dan Kemangkong yang hadir lebih awal untuk mengikuti kegiatan penyuluhan. Penghargaan dalam bentuk uang pembinaan tersebut merupakan apresiasi tinggi atas keteladanan yang patut dicontoh oleh anggota PKK yang lain sebagai bentuk disiplin diri dan waktu.

(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis