Headlines News :
purbalingga
Home » » Terkait Longsornya Tebing Sungai Gemuruh, Warga Diminta Waspada Longsor Susulan

Terkait Longsornya Tebing Sungai Gemuruh, Warga Diminta Waspada Longsor Susulan

Written By Kabare Braling on Sunday, September 25, 2016 | 12:13 PM

 PURBALINGGA – Longsornya tebing Sungai Gemuruh pada Rabu sore (22/9), membuat  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga meminta agar warga Kelurahan Purbalingga Lor (Galor) khususnya RT04 RW04 yang bermukim di bantaran Sungai Gemuruh mewaspadai longsor susulan. Longsor tersebut diakibatkan hujan deras serta mengakibatkan empat rumah mengalami kerusakan dan potensi longsor susulan patut diwaspadai.


“Apalagi intensitas hujan yang terjadi semakin sering, sehingga masyarakat diminta berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan juga kesiapsiagaan untuk menjaga dan mengantisipasi kemungkinan adanya longsor susulan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga Prio Satmoko saat meninjau lokasi bencana tanah longsor di Kelurahan Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga, Jumat (23/9), bersama Bupati Purbalingga Tasdi, Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi beserta pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) terkait.



Untuk itu, apabila terjadi hujan lebat dengan durasi yang lama agar warga mengungsi ke rumah saudara terdekat. Pihaknya juga sudah memberikan bantuan logistil untuk kerja bakti warga guna membantu warga terdampak serta menyediakan kawat bronjong untuk penanganan darurat dengan membuat bronjong. Selain itu, juga agar pemerintah kelurahan mengusulkan upaya perbaikan ke pemerintah kabupaten (pemkab) sehingga berdasarkan usulan tersebut nantinya akan dikoordinasikan di tingkat kabupaten untuk menentukan upaya penanganan, baik dari aspek pembiayaan maupun aspek teknis serta pertimbangan cuaca dan waktu pelaksanaan.

Bupati Purbalingga Tasdi juga berkehendak agar kejadian tersebut dilakukan penanganan secepatnya, namun harus berdasarkan pada aspek pembiayaan, teknis, cuaca dan waktu pelaksanaan.
“Jadi harus dibahas secara matang dan benar, jangan sampai kita melakukan upaya penanganan, namun beberapa aspek dasar itu menjadi terabaikan,” tuturnya.

Bupati menambahkan, bahwa saat ini pihaknya lebih focus untuk penanganan jangka pendek terlebih dahulu serta berkoordinasi dengan berbagai pihak.

(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis