Headlines News :
purbalingga
Home » » Di Dalam Purbalingga Islamic Centre, Akan Ada 12 Bangunan Pendukung

Di Dalam Purbalingga Islamic Centre, Akan Ada 12 Bangunan Pendukung

Written By Kabare Braling on Saturday, October 22, 2016 | 12:51 PM

PURBALINGGA – Sebanyak 12 bangunan akan melengkapi Gedung Purbalingga Islamic Center (PIC).  Bangunan tersebut diantaranya adalah miniature Ka’bah, masjid dengan bentuk menyerupai Masjidil Harram beserta mighrabnya, maktab, Mina tempat untuk bermalam (mabit) dan terowongan Mina. Selanjutnya adalah Musdalifah/tempat untuk bermalam, Padang Arofah/ tempat Wukuf, Sai Sofa dan Marwah, Raudhoh dan Gedung Pengelola juga dilengkapi Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta ruang konferensi juga ruang parkir.

Pembangunan PIC adalah merupakan Visi Bupati Purbalingga Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dengan mewujudkan berbagai hal, baik pembangunan fisik maupun non fisik.

“Pendirian PIC adalah merupakan visinya Purbalingga yang mandiri, berdaya saing, menuju masyarakat yang sejahtera berakhlakul  kharimah, tentunya harus diwujudkan dengan bebagai hal, baik pembangunan fisik maupun non fisik,” jelas Bupati Tasdi pada acara Penerimaan Jamaah Haji di Pendapa Dipokusumo Kamis (20/10)

Menurut Bupati, dengan dukungan dari Ketua DewaN Perawkilan Rakyat Daerah (DPRD) beserta anggotannya, untuk lima tahun kedepan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun2016-2021 memang ada hal khsuus dalam bidang  keagamaan diantarnya disamping meningkatkan kegiatan-kegiatan syiar Islam melalui subuh berjamam keliling, istighosah dan lain sebagainya, pihaknya juga akan membangun sarana fisiknya, salah satunya PIC.

“Nantinya tempat tersebut bisa untuk wisata edukasi bagi masyarakat Purbalingga. Terlepas selain  untuk latihan haji dan umrah juga untuk wiasat edukasi,” jelasnya.

Bupati menyebutkan, bahwa rencananya PIC akan dibangun di Kelurahan Karangmanyar denagn luas lahan mencapai 4,5 hektar dan aka dibangun bebrapa untuk latihan ibadah haji seperti miniature Ka’bah, masjid dan lain-lain. Nantinya, pembangunan PIC akan dibangun secara bertahap dan akan dimulai tahun 2017 dengan jangka waktu pembangunan selama tiga tahun.

“Harapannya nanti akan dibangunsecara bertahap mulai tahun 2017 dan tahun pertama akan kita bangun apanya dahulu, mulai semester pertama apanya dahulu yang dibangun sampai dengan tiga tahun pembagunannya akan selesai,. Harapannya PIC akan menjadi tempat wisata religiuus selain di Purbalingga ada Owabong, Gua Lawa, kita ada wiasata religius disitu,” ujarnya.

Bupati menandaskan, nantinya, anak-anak mulai dari TK, SD, SMP supaya belajar haji, agar tahu bagaimana dan seperti apa pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan pengelolaan PIC yang akan dibangun dengan anggaran kurang lebih Rp75 miliar sesuai kemampuan daerah dserahkan kepada Unit Pengelola Teknis (UPT) atau bentuk lainnya yang terpenting menjadi manfaat untuk masyarakat agar menjadi tepat wiasat edukasi termasuk nantinya juga untuk kegiatan ibadah haji seperti pemberangkatan dan manasik haji juga  ramadhan fair juga akan diselenggrakan di PIC.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis