Headlines News :
purbalingga
Home » » Purbalingga Segera Bentuk Tim untuk Berantas Pungli

Purbalingga Segera Bentuk Tim untuk Berantas Pungli

Written By Kabare Bralink on Saturday, October 22, 2016 | 1:00 PM

PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dalam waktu dekat ini akan membentuk Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) yakni Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Nantinya satgas tersebut dibentuk untuk mencegah dan menindak aktivitas pungli di tempat pelayanan masyarakat atau tempat-tempat lain di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Purbalingga Tasdi usai Penerimaan Jamaah Haji Purbalingga, Kamis (20/10) siang di Pendapa Dipokusumo. Bupati  mengatakan, bahwa apa yang menjadi instruksi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, Pemkab akan mengikuti apa yang menjadi kebijakan pemerintah tersebut.

“Kita yang namanya kabupaten adalah bawahan provinsi, provinsi bawahan presiden, sebetulnya ketika presiden menggalakan pemberantasanpungli, kami di daerah pun akan membentuk nanamya panitia saber, kita akan lakukan”ujarnya.

Bahkan, sambung Bupati, pihaknya bersama Wabup pada awal dilantik sudah melakukan pengecekan di beberapa tempat seperti terminal dan tempat uji kir mobil serta tempat-tempat lainnya. Dalam waktu dekat, pihaknya bersama tim pemkab yang akan dibagi dua tim, juga akan mengecek langsung ke tempat-tempat pelayanan publik yang dimungkinkan terjadinya rawan pungli seperti tempat layanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Surat Ijin Mengemudi (SIM) uji kir mobil dan pelayana akte kelahiran juga perijinan.

“Saya harapkan di Purbalingga tidak ada lagi pungli-pungli, seperti di tempat pelayanan KTP, SIM, kir kir-an mobil, pengurusan akte termasuk di urusan perijinan saya harapakan tidak terjadi di Purbalingga,” harapnya.

Bupati menambahkan, pihaknya akan berkomitmen apa yang mejadi keputusan atau yang diperintahkan pemerintah pusat akan mengikutinya, karena daerah (Pemkab) merupakan bawahan dari pemerintah pusat dan provinsi. Jadi apa yang menjadi arahan pemerintah pusat untuk tidak adanya pungli di Purbalingga, maka hal tersebut juga akan dilakukan agar tidak ada lagi adanya praktik tersebut.

Sedangkan pembentukan tim saber, tandas Bupati, nantinya aka dimaksimalkan guna memberantas praktik pungli yang dimungkinkan terjadi di semua instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi lainnya. Pihaknya juga belum memastikan apakah di Purbalingga ada pratik pungli atau tidak karena belum mengecek ke lapangan.

“Kita belum cek, belum ada bukti dan tidak bisa mengatakan kalau di Purbalingga ada pungli, kita akan cek terlebih dahulu ke lapangan,” pungkasnya.

(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis