Headlines News :
purbalingga
Home » » Ketika KIM dan Diskominfo Subang Belajar ke KIM Cadas

Ketika KIM dan Diskominfo Subang Belajar ke KIM Cadas

Written By Kabare Bralink on Monday, November 28, 2016 | 8:28 AM

PURBALINGGA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat bersama 30 perwakilan kelompok informasi masyarakat (KIM) di kabupaten tersebut belajar bersama tentang pengelolaan KIM di Kabupaten Purbalingga. Didampingi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, mereka mengunjungi KIM Cadas di RT 18 RW 9 Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Jumat (25/11).

Ketua KIM Cadas, Khamdi mengatakan, KIM Cadas diresmikan pada 4 Juni 2016. KIM Cadas menggunakan media radio sebagai sarana untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, selain radio cadas juga menggunakan media online, kesenian calung, dames, rebana, perpustakaan dan turut serta dalam rintisan desa wisata.

Tujuan dari terbentuknya KIM Cadas, untuk meningkatkan layanan komunikasi dan informasi guna memperluas aksesbilitas masyarakat terhadap informasi terkini, memberikan akses informasi dan wawasan kepada masyarakat Desa Bumisari pada khususnya dan masyarakat luas. "Melalui KIM kami juga memperkenalkan potensi masyarakat di Desa Bumisari ke masyarakat luas, mendorong peran marsyarakat dalam menciptakan jiwa yang informatif dan meningkatkan SDM di segela bidang," katanya.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Subang, Abdul Rohim mengatakan, Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu daerah dengan KIM yang terbaik di Jawa Tengah dan banyak dari daerah lain yang belajar pengelolaan KIM di Purbalingga. Di Kabupaten Subang sendiri memiliki 30 KIM dimana sebagian masih banyak yang tertinggal.

"Pada intinya kami membawa KIM untuk studi banding memotivasi mereka agar bisa lebih maju. Di tempat kami ada yang sudah maju, tapi masih banyak yang tertinggal. Sehingga niat kami datang ke sini agar bisa belajar bersama pengelolaan KIM. Setelah kami melihat di sini (KIM Cadas), kami banyak belajar perihal kekompakan dan tingginya tingkat swadaya anggotanya dalam mengelola KIM," katanya.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dinhubkominfo Purbalingga, Eri Rusdi Wibowo mengatakan, di Kabupaten Purbalingga terdapat sembilan KIM yang berada di bawah binaan Dinhubkominfo. Mereka bergerak dalam bidang yang berbeda sebagai penyampai informasi kepada masyarakat. Bidang gerak sebagai media diantaranya radio komunitas, film pendek, brosur, buletin, online, perpustakaan, papan pengumuman di lingkungan RT RW atau rembug warga.

"KIM Cadas merupakan salah satu dari mereka dengan media gerak radio komunitas, kesenian dan perpustakaan. Meskipun belum ada satu tahun, namun KIM Cadas sudah menunjukkan eksistensinya dalam upaya diseminasi informasi masyarakat," katanya.

(Kabare Bralink/Istimewa)

Pengirim : Ryan Rachman
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis