Headlines News :
purbalingga
Home » » Peringati HUT ke - 40, SMP 3 Purbalingga Gotong Royong Rehab Rumah

Peringati HUT ke - 40, SMP 3 Purbalingga Gotong Royong Rehab Rumah

Written By Kabare Bralink on Wednesday, November 9, 2016 | 12:06 PM

PURBALINGGA - SMP Negeri 3 Purbalingga memugar rumah salah satu siswanya, Nanda Aprilia di RT 1 RW 3 Dukuh Keponggok, Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga, Selasa (8/11). Selain dalam rangka HUT ke-40 sekolah itu, perbaikan rumah merupakan dukungan bagi program Bupati yakni rehab rumah tak layak huni (RTLH).

Bupati Tasdi yang memimpin pemugaran rumah tersebut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh sekolah tersebut dalam rangka ikut mengurangi kemiskinan di Kabupaten Purbalingga. Menurutnya, banyak siswa yang orang tuanya berasal dari kalangan tidak mampu dan memerlukan bantuan.

Ini luar biasa. Sampai hari ini sudah ada empat SMP yang ikut rehab rumah. Tadi keluarga besar ASN di Kecamatan Purbalingga juga berpartisipasi. Kemudian Bank BTN juga merehab empat rumah, dan akan terus berlanjut tiap bulan dua rumah. Ini luar biasa,” katanya.

Di Kabupaten Purbalingga, ada 27 ribu RTLH. Tahun ini Pemkab mengalokasikan Rp 21,5 miliar untuk memperbaiki 2.150 rumah. Tahun depan pemkab akan memperbaiki 4.000 rumah, terdiri dari 3.000 rumah dari pemkab dan 1000 rumah bantuan gubernur.
Kepala SMP 3 Purbalingga Haryono mengatakan untuk pemugaran rumah siswa tersebut merupakan iuran dari guru, siswa dan karyawan sekolah dengan total Rp 17,2 juta. Penggunaannya Rp 15 juta untuk pemugaran dan Rp 2,2 juta untuk mebeler.

"Ini pas momen ulang tahun sekolah ke-40. Kami ikut mendukung program bupati perbaikan RTLH. Kami fokuskan untuk siswa kami yang berasal dari keluarga tidak mampu," katanya.

Selain kepedulian kalangan siswa dan guru SMP N 3 Purbalingga, sejumlah kalangan juga menunjukan kepeduliannya terhadap program yang dicanangkan oleh Bupati Tasdi dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi. Salah satunya ditunjukan oleh managemen Bank BTN bersama salah satu pengembang PT. Agung Sejahtera Angkasa. Melalaui program tanggungjawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), Bank BTN memberikan bantuan pemugaran empat unit rumah di Kelurahan Kandanggampang dan Kelurahan Purbalingga Kidul.

Ini salah satu bentuk kepedulian kami khususnya kepada masyarakat kabupaten Purbalingga. Targetnya, kita mengikuti keinginan pemda saja. Hari ini kita merehab 4 rumah dan akan terus berlanjut setiap bulannya,” kata Kepala Cabang Bank BTN Purwokerto, Adhi Kuntoyo.

Pada kegiatan CSR Rehab RTLH tersebut, ujar Adhi, pihaknya berkolaborasi dengan pengembang PT Agung Sejahtera Angkasa. Warga yang mendapat bantuan dari BTN meliputi rumah Purwanto warga RT 4 RW 5 dan Sukirno RT 1 RW 2 Kelurahan Gandanggampang. Kemudian rumah milik Ripin RT 2 RW 1 dan Supoyo RT 3 RW 6, keduanya warga Kelurahan Purbalingga Kidul.

Kepedulian juga ditunjukan oleh aparatur sipil negara (ASN) di wilayah kecamatan Purbalingga. Dikordinir oleh Camat Purbalingga Endro Irianto, para ASN di kantor kecamatan, UPT, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan di wilayah itu berhasil menghimpun dana Rp 12,6 juta. “Kita arahkan untuk kegiatan rehabilitasi rumah ibu Wagini warga RT 4 RW 4 Kelurahan Purbalingga Lor. Semoga bermanfaat,” katanya.
Sebelumnya pada Senin kemarin (7/11), para ASN di kecamatan Kemangkon juga bergotong royong menghimpun dana untuk rehab RTLH sejumlah empat rumah dengan total dana Rp 36 juta.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis