Headlines News :
purbalingga
Home » , » Taman Wisata Pendidikan Pancuran Mas Purbayasa Turut Ramaikan HUT ke - 186 Purbalingga

Taman Wisata Pendidikan Pancuran Mas Purbayasa Turut Ramaikan HUT ke - 186 Purbalingga

Written By Kabare Braling on Tuesday, December 20, 2016 | 3:19 PM

PURBALINGGA – Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga Ke-186 Tahun 2016, Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas Desa Purbasayasa, Kecamatan Padamara, Minggu (18/12) menyelenggarakan Festival Kentongan atau Tek-Tek untuk Wilayah Eks Karesiden Bayumas.

Tercatat ada 11 peserta dari 15 yang mendaftarkan diri untuk tampil di objek wisata (obwis) milik Sarimun, seperti group Shela On Sekent dari Kabupaten Banjarnegara, Pringgo Laras dari Kedung Banteng Banyumas, Satria Bumbung Laras dari Grendeng Purwokerto. Group kentongan lainnya, Mekar Budaya Asih Desa Gandatapa Sumbang Banyumas, Balada dari Desa Sangkanayu Mrebet, New Harmoni dari Padamara, Titir Budoyo Desa Karangduren-Bobotsari, Angklung MipiranPadamar, Laskar Aji Saka Penaruban-Kaligondang, semuanya dari Purbalingga.

Selain mendapatkan uang pembinaan, masing-masing peserta yang ikut tampil mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1 juta dan bagi pemenang lomba hadiah juga disiapkan oleh panitia. Sarimun pemilik TWP Purbasari Pancuran Mas mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak termasuk peserta dari luar daerah yang sudah ikut meramaikan festival tersebut.

Kami mengucapkan terima kmasih atas partisipasi peserta dari luar daerah yang sudah ikut meramaikan festival,”tutur Sarimun.

Sarimun menambahkan, pihaknya mengadakan festival kentongan selain sebagai hiburan juga untuk nguri-uri (melestarikan) kesenian atau hiburan untuk masyarakat yang murah meriah juga untuk meningkatkan prestasi, disamping untuk juga pelatihan serta kesenangan sekaligus menghibur para pengunjung di obwis TWP Purbasari Pancuran Mas.

Tim juri dalam festival kentongan tersebut terdiri dari beberapa kalangan, diantaranya wartawan, seniman dan staf Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga. Dalam lomba tersebut panitia dan tim juri penilai transparan.

Tim juri ini Insya Allah independent semua dan tidak ada akal-akalan atau main suap,”jelas Sarimun.

Untuk juara pertama New Harmoni dari Padamara dengan hadiah Rp4 juta, Juara kedua Gita Swara dari Kedawung Sokaraja Banyumas hadiah dengan hadiah Rp3,5 juta, juara ketiga Pringgo Laras dari Kedungbanteng dengan hadiah Rp3 juta. Untuk juara favorit berdasarkan poling penonton adalah Gita Swara dari Sokaraja dengan hadiah Rp1,5 juta.


(Kabare Bralink/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis