Headlines News :
purbalingga
Home » » Liburan Tidak Hanya Naik Gunung atau Pantai

Liburan Tidak Hanya Naik Gunung atau Pantai

Written By Kabare Bralink on Tuesday, December 27, 2016 | 11:41 AM

Purbalingga – TLT Berbagi kunjungi Panti Asuhan PKU Muhammadiyah Bobotsari, Senin, (26/12). Dengan tema 'TLT Berbagi Bukan Hanya Milik Kami', maka pada kesempatan melanjutkan misi, TLT Berbagi menggandeng komunitas lain di Purbalingga yang ingin ikut andil dalam aksi sosial. Sayangnya, setelah beberapa komunitas berhasil dihubungi, hanya ada satu komunitas yang bersedia meluangkan waktunya untuk ikut andil, yaitu Komunitas Kerabat Kotak Purbalingga dengan perwakilannya. Kedua komunitas pun secara simbolis menyerahkan sumbangan ke pihak panti.

Dari kedua belah pihak pun sangat antusias. Terlihat dari pihak panti yang secara terbuka menerima kedatangan komunitas, serta dari anggota komunitas sendiri yang masih bekerja merelakan waktunya untuk menggeser hari libur atau sengaja meminta jadwal berangkat kerja di siang hari. Anak-anak panti yang didominasi pelajar SMA yang tengah liburan pun mengaku senang dan tidak merasa terganggu.

Kami berterimakasih kepada Komunitas TLT Berbagi serta Komunitas Kerabat Kotak Purbalingga yang telah meluangkan waktunya untuk kami. Jelas, liburan tidak semata untuk naik gunung, pergi ke pantai, atau menghamburkan uang, karena main ke panti juga mengasyikan. Kita dapat merasakan apa yang Adik-adik rasakan. Karena memberi memang diperlukan. Dan kami juga paham betul, meski dalam keadaan yang kekurangan, kami tidak meminta-meminta atau menyusahkan orang lain. Jadi, dengan adanya kesadaran dari anggota komunitas di Purbalingga, kami sangat begitu mengapresiasi,” ujar salah satu pengasuh Panti Asuhan PKU Muhammadiyah Bobotsari dalam sambutan.

Dari sambutan kedua komunitas pun sama-sama menyampaikan terima kasih karena pihak panti telah memberi peluang untuk berbagi. Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab atau saling berbagi cerita. Dari informasi yang didapat, Panti Asuhan PKU Muhammadiyah Bobotsari memang ditujukan kepada siswa yang dirasa kurang mampu atau ingin pola hidupnya lebih teratur. Karena di panti asuhan sendiri, ada kegiatan rutin yang bisa membuat hidup lebih disiplin dan memudahkan untuk melaksanakan kegiatan di sekolah karena masih satu kompleks. Keseluruhan anak panti saat ini dengan total 50 anak. Panti asuhan sendiri telah didirikan sejak tahun 2010.


Tidak hanya rutinitas biasa yang menunjang akademik dan non akademik. Satu bulan sekali atau dua bulan sekali, pun diadakan nonton film bersama di aula Panti Asuhan PKU Muhammadiyah Bobotsari. Film yang dipilih pun jelas dengan genre Islami. Meski dengan kesibukan yang bejibun, anak-anak panti juga menyempatkan diri menjadi panitia pengajian akbar yang biasa dilakukan satu tahun sekali. Anak-anak yang tinggal di panti tersebut pun nampak cerdas, dilihat dari cara mereka aktif bertanya dalam aksi sosial tersebut.
Dana yang kami gunakan dari kas para anggota yang rutin dilakukan pada setiap pertemuan. Jadi, sebisa mungkin kami tidak meminta-minta. Kalaupun dibutuhkan penggalangan dana, itu ketika dana yang diharapkan belum mencukupi dan dalam keadaan yang mendesak,” jelas salah satu anggota Komunitas TLT Berbagi pada saat sesi tanya jawab, ketika anak panti menanyakan kepada pihak TLT Berbagi dari mana dana yang digunakan untuk melancarkan aksi sosial. Dari aksi sosial tersebut pula, anak-anak panti berharap bakal lebih banyak muncul komunitas-komunitas lain di Purbalingga yang melakukan hal serupa.

(Kabare Bralink)

Dikirim oleh : Umi Uswatun Hasanah.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis