Headlines News :
purbalingga
Home » » Aksi Nyata Wabup di Purbalingga

Aksi Nyata Wabup di Purbalingga

Written By Kabare Braling on Wednesday, January 18, 2017 | 10:06 AM

PURBALINGGA - Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi melakukan aksi 17-1-17 di Purbalingga dengan mengunjungi beberapa usaha dagang & pengrajin kreatif yang berpotensi di Purbalingga, Selasa (17/1). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya Pemkab mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dan ikut andil dalam program Bela Beli Produk Purbalingga.

Saat berkunjung ke sentra kerajinan di Desa Jetis, Kecamatan Kemangkon, Wabup Tiwi sangat mengapresiasi kreativitas yang dilakukan warganya. Karena limbah plastik yang terbuang percuma ditangan warga jetis bisa dijadikan paving blok yang dengan mutu tak kalah bagus dengan paving blok konvensional.

"Usaha-usaha ini perlu kita kembangkan, karena merupakan inovasi dan kreatifitas yang luar biasa dari Purbalingga," katanya.

Pemerintah daerah pada tahun 2017 juga sudah berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha tersebut. Antara lain dengan program subsidi bunga bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), membantu pemasaran juga dengan program Bela Beli Purbalingga, yakni dengan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk membeli produk buatan warga Purbalingga.

Yang namanya bela-beli Produk Purbalingga bukan produk cuma kuliner, tapi juga produk yang berasal dari Purbalingga, termasuk produk kreatif," katanya.

Karsin, salah satu warga Jetis yang membuat inovasi paving blok dari limbah plastik sangat berterimakasih sekali atas kunjungan Wakil Bupati Purbalingga. Kunjungannya diharapkan dapat menjadi motivasi sekalugus memberi manfaat terutama dari segi pemasaran paving limbah plastik. Karsin juga menceritakan ide awal pembuatan paving blok, didapat dari keprihatinan terhadap banyaknya sampah plastik di masyarakat. Dari uji coba yang dilakukan beberapa kali akhirnya tercipta paving blok yang bermutu baik.

Paving blok buatan kami lebih ringan, awet dan tahan banting,” katanya.

Selain melihat kerajinan paving blok limbah plastik, Wakil Bupati juga mengunjungi pengrajin mainan dan seni kriya dari limbah kayu lapis, sentra produksi genteng, yang semuanya berada di Desa Jetis. Kemudian kunjungan juga dilakukan di sentra kerajinanan anyaman dari limbah tali plastik packing di Desa Kalimanah Wetan.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis