Headlines News :
purbalingga
Home » » Talud Situ Tirta Marta Jebol, Area Persawahan Warga Menjadi Terkena Dampaknya

Talud Situ Tirta Marta Jebol, Area Persawahan Warga Menjadi Terkena Dampaknya

Written By Kabare Braling on Monday, January 23, 2017 | 10:38 AM

PURBALINGGA - Menyusul jebolnya talud irigasi Situ Tirto Marto yang melintas di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Bupati Purbalingga Tasdi, SH, MM memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera melakukan perbaikan. Talud tersebut jebol sepanjang 20 meter dan mengakibatkan terendamnya 5 hektar areal persawahan.

Jebolnya talud Situ Tirta Marta berdampak pada areal persawahan milik warga, dan untuk mempertahankan agar sawah tetap berproduksi, maka kami perintahkan agar DPU agar segera mengambil tindakan dengan melakukan perbaikan,” kata Bupati Tasdi disela-sela melakukan peninjauan talud tersebut, Sabtu (21/1).

Saat melakukan kunjungan yang disertai sejumlah pejabat jajaran Pemkab, Tasdi mengapresiasi pihak pemerintah desa setempat bersama warga yang melakukan kerja bakti untuk membuat bronjong sementara. Talud darurat dibuat dengan memasang potongan bambu dan kemudian dipasang karung berisi pasir. Perbaikan itu setidaknya dapat mengurangi laju derasnya aliran irigasi tersebut sehingga tidak akan membuat puso areal persawahan.

Pembuatan talud sementara dengan bambu dan karung berisi pasir paling tidak akan mengurangi tingkat kerusakan areal tanaman padi. Selain itu, areal persawahan di bagian hilir juga tetap tercukupi pasokan airnya,” kata Tasdi.

Selain meninjau talud yang jebol, Bupati Tasdi juga meninjau longsoran tanah yang menimpa jaringan irigasi antara perbatasan desa Kutasari dan Desa Munjul. Meski tidak sampai menyebabkan kerugian harta benda, namun longsornya tebing saluran irigasi itu dinilai akan mengancam keberadaan jalan kabupaten antara Kembaran Kulon – Kutasari. Jalur tersebut merupakan jalur wisata menuju Sanggaluri Park dan juga ke Taman Wisata Purbasari Pancuranmas.

(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis