Headlines News :
purbalingga
Home » » SMP N 1 Kalimanah Semangat Menebar Virus Gotong Royong dengan RLTH

SMP N 1 Kalimanah Semangat Menebar Virus Gotong Royong dengan RLTH

Written By Kabare Braling on Thursday, February 23, 2017 | 12:37 PM

PURBALINGGA – Virus gotong royong dan kepedulian sosial terus ditebarkan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM lewat gerakan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Tak hanya dikalangan masyarakat, namun juga dilingkungan anak-anak, generasi penerus masa depan bangsa, seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Kalimanah.

Dari hasil iuran sukarela yang digalang oleh seluruh siswa bersama jajaran guru dan karyawan, keluarga besar SMP Negeri 1 Kalimanah berhasil merehab dua rumah orang tua siswanya, yang rumahnya masih kurang layak. Kegiatan itu dilakukan Selasa (21/2) terhadap rumah Barzaki, orang tua siswa Arum Prastiani di desa Karangtengah, RT 22 RW 10, Kecamatan Kemangkon. Satunya lagi adalah rumah Sarwin Samsudin, orang tua Feri Setiawan desa Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah.

Kami menggalang dana dari anak-anak dan guru, dan dalam waktu seminggu berhasil mengumpulkan dana Rp 20 juta untuk membedah dua rumah wali murid kami,” ujar Kepala Sekolah SMP N 1 Kalimanah Eko Budi Santosa.

Menurut Eko, selain merealisasikan misi Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga dalam pemenuhan kecukupan papan bagi masyarakat, kegiatan bedah rumah juga untuk membangun semangat kebersamaan, gotong royong, dan kepeduliandalam rangka meringankan beban orang tua siswa terutama dalam hal membangun rumah sehat dan layak huni.

Ternyata masih banyak yang rumahnya kurang layak. Jelas ini akan kami lanjutkan pada tahun-tahun berikutnya. Mudah-mudahan dapat memberi andil bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabuoaten Purbalingga,” jelasnya.

Bupati Tasdi mengapresiasi apa yang telah dilakukan jajaran dunia pendidikan di kabupaten Purbalingga dalam rangka membantu mengentaskan masyarakat dari kemiskinan utamanya melalui kegiatan rehab RTLH. Menurut Bupati, program rehab RTLH yang digulirkan telah ditangkap oleh kalangan dunia pendidikan dengan berperan serta membangun kepedulian para siswa dan guru.

Dia mengaku sempat dibuat kewalahan mengatur jadwal untuk menghadiri undangan peletakan batu pertama dan peresmian rehab RTLH yang dilakukan masyarakat dan dunia pendidikan.

Saya yakin nanti Purbalingga akan 'zero' dari rumah-rumah yang tidak layak huni. Dan mereka yang sekarang dibantu, termasuk Feri dan Arum kelak akan menjadi orang-orang sukses dan akan membantu masyarakat yang lain,” katanya.

Usai menyerahkan bantuan rehab RTLH dan memimpin pelaksanaan bedah rumah di desa Karengtengah, Kemangkon dan Kedungwuluh kecamatan Kalimanah, Bupati yang didampingi jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan ramah tamah dengan keluarga besar SMPN 1 Kalimanah di lapangan sekolah setempat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati memberikan doorprize berupa uang dan tiga unit sepeda kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan bupati. Tiga buah sepeda yang disiapkan oleh bupati menjadi rezeki bagi Muh. Hanif Qurotaayun kelas 7E, Anissa Firardianyah P (8H), dan Iklasul’amal Nurrohman (7A).

Sebelumnya, Bupati melaksanakan acara Subuh Berjamaah di desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon dan melakukan rehab RTLH di lima rumah bantuan dari berbagai kalangan masyarakat.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis