Headlines News :
purbalingga
Home » » Wahana Pelatihan Pramuka Dipusatkan di Buper Munjulluhur

Wahana Pelatihan Pramuka Dipusatkan di Buper Munjulluhur

Written By Kabare Braling on Thursday, February 9, 2017 | 12:01 PM

PURBALINGGA – Bumi Perkemahan (Buper) Munjulluhur di Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari bakal dijadikan wahana khusus untuk pelatihan dan kegiatan kepramukaan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga. Sebelumnya Buper Munjuluhur dikelola sebagai salah satu wahana wisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (kini Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata-red).

Dulu sebagai wahana wisata yang bersifat profit. Nanti dalam perda Purbalingga Wisatatama, Munjulluhur kita keluarkan menjadi obyek untuk pelatihan dan khusus digunakan untuk gerakan pramuka kabupaten Purbalingga,” ujar Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) yang juga Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM usai melantik Pengurus / Andalan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga masa bhakti 2017 – 2021 di Pendapa Dipokusumo, Senin (6/2).

Sebelumnya, Bupati Tasdi dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Prof. DR. Ir. Slamet Budi Prayitno, MSi menjadi Ketua Mabicab Purbalingga.

Bupati Tasdi melanjutkan, setelah ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup), Buper Munjulluhur dapat digunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas gerakan pramuka di kabupaten Purbalingga.

Silahkan nanti diurus secara mandiri oleh kwarcab untuk pelatihan-pelatihan kepramukaan,” jelasnya.

Sementara, dalam menjalankan fungsi Mabicab untuk membimbing, menfasilitasi, dukungan pendanaan dan pembubaran gerakan pramuka, dirinya menjamin pemerintah kabupaten Purbalingga siap memfasilitasi berbagai kegiatan gerakan Pramuka di Kabupaten Purbalingga. Pemkab Purbalingga pada APBD 2017 ini juga sudah mengalokasikan anggaran Rp 350 juta untuk Kwarcab Kabupaten Purbalingga. Pemkab juga telah menganggarkan kebutuhan kendaraan operasional untuk Kwarcab yang akan segera direalisasikan pada 2017 ini.

Kami juga siap menjadi tuan rumah Jambore SD/MI tingkat Kwarda Jateng yang akan diselenggarakan pada 2018,” tegasnya.

Ketua Kwarda Jateng Slamet Budi Prayitno menuturkan meski sudah menyatakan siap menjadi anggota majelis pembimbing, jajaran Mabicab Purbalingga diminta serius dalam menjalankan tugas memfasilitasi kegiatan gerakan pramuka di Purbalingga. Slamet Budi mengaku tugas fasilitasi ini biasanya tidak bisa diterjemahkan dengan baik.

Yang namanya fasilitasi itu ya tenaga, waktu dan juga pikiran. Jadi kalau ada pramuka yang konsultasi ya mesti diterima. Biasanya sudah ngantri sampai panjang akhirnya nggak jadi,” katanya.

Di sisi lain, jajaran Majelis Pembimbing memiliki keunggulan dalam memberikan fasilitasi kepada gerakan pramuka. Dia mencontohkan, Komandan Kodim dan Komandan Batalyon memiliki fasilitas untuk pembentukan karakter yang sangat luar biasa. Sehingga dirinya merekomendasikan adik-adik pramuka mau berlatih di Saka (Satuan Karya-red) Wirakartika.

Dalam membentuk karakter, TNI/Polri itu punya konsep yang lebih matang. Sehingga saya sangat berharap, jangan segan-segan untuk berkonsultasi,” katanya.

Ketua Kwarda Slamet Budi Prayitno juga berharap kepada seluruh jajaran gerakan pramuka agar dalam menjalankan seluruh kegiatan kepramukaan harus berisi kasih sayang dan kegembiraan.

Jadi kalau masih ada pressure berarti kita belum menerapkan konsep pendidikan kepramukaan yang baik,” tandasnya.

Pada periode 2017-2021, pengurus andalan gerakan pramuka kwartir cabang kabupaten Purbalingga di ketuai oleh Trisnanto Sri Hutomo, BE, SPd, yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Tehnik (YPT) Purbalingga.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis