Headlines News :
purbalingga
Home » » Ini Dia Bukti Nyata PMI Purbalingga Turut Dukung Program Rehab RLTH

Ini Dia Bukti Nyata PMI Purbalingga Turut Dukung Program Rehab RLTH

Written By Kabare Braling on Friday, March 17, 2017 | 1:44 PM

PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga berkomitmen mendukung program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang menjadi program unggulan pemkab Purbalingga dalam rangka mengentaskan masyarakat dari masalah kemiskinan. Rencananya, PMI akan merehab 10 unit rumah yang akan direalisasikan pada 2017.

Kita programkan mulai bulan Maret ini, setiap bulan kita berpartisipasi dalam kegiatan Rehab RTLH. Jadi selama tahun 2017, kita akan menyumbang 10 rumah,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Purbalingga Drs. Suyitno usai menyerahkan dana bantuan rehab RTLH untuk keluarga Rimin warga RT 02/ RW 1 Desa Nangkod Kecamatan Kejobong, Rabu (15/3).


Penyerahan dan pelaksanaan rehab rumah Rimin dilakukan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM dan Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, Ketua DPRD H. Tongat, SH, MM beserta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Purbalingga. Kegiatan tersebut dilaksanakan usai acara Subuh Berjamaah Keliling di Masjid Jami At Taqwa desa setempat.

Selain rumah Rimin yang direhab oleh PMI Kabupaten Purbalingga, kegiatan rehab RTLH juga dilaksanakan untuk tiga rumah lainnya yakni rumah keluarga Ribut warga RT 01/RW 02 dari bantuan Baznas, Adi Suprianto RT 03/RW 06 bantuan Paguyuban Pengusaha SPBU dan Hadi Wasono RT 01/ RW 07 yang mendapat bantuan dari Paguyuban Agen LPG 3 Kg. Masing-masing rumah mendapatkan bantuan rehab Rp 10 juta.

Kedepan, PMI saya minta lebih berkiprah lagi untuk bersama-sama pemkab dalam mengatasi persoalan rakyat Purbalingga, utamanya dalam program rehab RTLH dan jambanisasi,” kata Bupati Tasdi.

Menurut Bupati, PMI Kabupaten Purbalingga harus mampu meningkatkan perannya dalam mengatasi persoalan sosial di masyarakat menyusul suksesnya pelaksanaan bulan dana PMI 2016 yang berhasil menghimpun dana lebih dari Rp 1 miliar. Dia percaya, PMI dapat berbuat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Tasdi juga mengapresiasi keterlibatan pihak swasta yang sudah mulai tergerak untuk membantu kegiatan rehab RTLH. Sebelumnya, pengusaha kuliner Sambel Layah Purbalingga juga berkiprah dalam kegiatan RTLH di desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon.

Hari ini ada dua lagi yang baru. Paguyuban Pengusaha SPBU dan Paguyuban Agen LPG 3 Kg. Saya atas nama pemkab dan penerima bantuan mengucapkan terima kasih,” katanya.

Tasdi berharap, kedepan semakin banyak kalangan swasta yang ikut berkiprah dalam kegiatan rehab RTLH. Karena saat ini di kabupaten Purbalingga masih terdapat 27 ribu warga yang rumahnya tergolong tidak layak huni.

Di Desa Wirasaba kecamatan Bukateja, Bupati juga merealisasikan bantuan CSR rehab RTLH dari PT. Sun Chang Purbalingga. Empat rumah di desa itu, menjadi bagian dari 30 RTLH yang mendapat bantuan dari pengusaha asal Korea itu. Secara simbolis, Bupati Tasdi dan Wabup Tiwi menyerahkan bantuan RTLH sekaligus peletakan batu pertama rehab rumah keluarga Sutarno, Sanbadri dan Yastari semuanya warga RT 1/ RW 5 dan Turidi RT 2/RW 4 desa Wirasaba.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis