Headlines News :
purbalingga
Home » , » Mantap, Seni Budaya Purbalingga Meriahkan Openship KRI Bung Tomo di Lebanon!

Mantap, Seni Budaya Purbalingga Meriahkan Openship KRI Bung Tomo di Lebanon!

Written By Kabare Braling on Thursday, March 2, 2017 | 11:05 AM

PURBALINGGA – Kapal Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 yang tergabung dalam Maritim Task Force UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon), selain bertugas untuk menjaga perdamaian di Laut Mediterania, rupanya memiliki daya tarik tersendiri bagi pelajar-pelajar di Lebanon. Seni budaya Purbalingga berupa kentongan dan pakaian Bawor dikenalkan kepada para pelajar Lebanon.

Kepala Divisi Kebaharian KRI Bung Tomo-357, Lettu Laut (P) Rafael Bimantoro melalui pesan WhatsApp (WA) yang dikirimkan kepada Kepala Bidang Humas dan Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I dalam hal ini Prajurit KRI Bung Tomo-357 bekerjasama dengan UN Civil Affair dan KBRI Lebanon, memfasilitasi keingintahuan para pelajar di Lebanon. Dua sekolah berbeda di Lebanon masing-masing American Communit School sebanyak 44 pelajar beserta guru dan Deir Qanun Ras El Ain School sebanyak 25 pelajar beserta guru mempelajari tentang kehidupan di KRI dengan mengadakan 'open ship'.

Pada kegiatan tersebut didampingi dua orang staf dari UNIFIL Civil Affair Office, empat orang staf dari UNIFIL Media Office dan empat orang staf KBRI Lebanon. “Meskipun bukan menjadi tugas utama pasukan pemelihara perdamaian, namun KRI Bung Tomo bekerjasama dengan pihak KBRI Lebanon senantiasa berupaya mengoptimalkan peran diplomasi bangsa untuk lebih mengenalkan tentang Indonesia di Lebanon,” kata Rafal.

Rafael Bimantoro mengungkapkan, kedatangan para pelajar Lebanon itu disambut Komandan KRI Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo yang kebetulan merupakan warga asli Banyumas. Setelah disambut oleh Komandan Satgas, acara dilanjutkan dengan pemaparan sekilas tentang KRI Bung Tomo-357 dan pemaparan tentang negara Indonesia oleh salah seorang diplomat KBRI Lebanon.

Kegiatan selanjutnya adalah 'tour ship' bagi para pelajar dengan memperkenalkan lebih dekat KRI Bung Tomo-357 sebagai salah satu kapal perang modern dan canggih yang dimiliki oleh TNI AL,” kata Rafael.

Para pelajar berinteraksi langsung dengan para kru KRI Bung Tomo. Selain 'tour ship', para pelajar disuguhkan dengan penampilan kesenian tradisional Indonesia berupa Tarian Bali, Tarian Betawi, Tari Jaran kepang Banyumas, Tarian Aceh dan Tarian Gemu Famire dari NTT yang ditampilkan secara ekspresif oleh prajurit KRI Bung Tomo-357.

Tarian tersebut diiringi secara langsung menggunakan musik band modern yang dikolaborasi dengan musik kentongan khas Banyumasan. Tak lupa pula menampilkan Bawor merupakan icon Banyumasan sebagai penerima tamu dengan ramah mempersilahkan para pelajar untuk berselfie-ria.

"Dari sekian kali saya merencanakan dan mengikuti kunjungan ke beberapa kontingen, Ini adalah merupakan kunjungan yang paling mengesankan dan menarik, Ship Tour di KRI Bung Tomo-357 disiapkan dengan total, sehingga mampu membahagiakan anak anak kami. Ini adalah wujud keramahan para pasukan angkatan laut penjaga perdamaian khususnya kontingen Indonesia. Saya ucapkan apresiasi yang tinggi kepada Komandan dan seluruh Prajurit KRI Bung Tomo- 357. Terima kasih atas sambutan yang sangat meriah ini, semoga kami bisa berkunjung kembali ke KRI Bung Tomo-357 lain waktu", kata Svjetlana Jovic, UNIFIL Civil Affair Team Leader sebagaimana dikutip Rafael.

Menutup kegiatan kunjungan tersebut adalah penyerahan plakat dari Komandan KRI Bung Tomo-357 kepada perwakilan Ketua Rombongan dari American Communit School, perwakilan Deir Qanun Ras El Ain School, dan kepada UNIFIL Civil Affair Team.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis