Headlines News :
purbalingga
Home » » Patut Dicontoh, Kecamatan Karanganyar Juaranya Pelunasan PBB-P2 Tahun 2016

Patut Dicontoh, Kecamatan Karanganyar Juaranya Pelunasan PBB-P2 Tahun 2016

Written By Kabare Braling on Friday, March 17, 2017 | 7:42 AM

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH. MM. didampingi Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ, Ketua DPRD Tongat, SH. MM., dan juga Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi, SH., memberikan penghargaan dan hadiah kepada Desa, Kelurahan dan Kecamatan yang telah melaksanakan kewajiban Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2016 di Pendapa Dipokusumo, Selasa siang (14/03).

Dalam laporannya, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Purbalingga Drs. Subeno, SE. M.Si. mengatakan pelunasan PBB tahun 2016 terbilang sukses, dan untuk kegiatan pemberian penghargaan telah sesuai Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan dan juga mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pemberian Hadiah dan Penghargaan Kepada Desa, Kelurahan dan Kecamatan Yang Berprestasi dalam Pelunasan PBB-P2 Tahun 2016.

Untuk penerima penghargaan dan hadiah, tertuang dalam SK Bupati Purbalingga Nomor 973 Tahun 2017 Tentang Penerima dan Besarnya Hadiah Serta Penghargaan Bagi Desa, Kelurahan dan Kecamatan Yang Berprestasi Dalam Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2016,” kata Subeno.

Pemberian penghargaan ini, lanjut Subeno, berjumlah 40 penghargaan, terbagi menjadi 8 kategori dan masing-masing kategori diambil 5 terbaik yang penilaiannya berdasarkan percepatan pelunasan PBB-P2. Untuk kategori 1 adalah Kelurahan, sedangkan kategori 2 sampai dengan 6 untuk Desa dengan tingkat realisasi PBB-P2 mulai dari 30 juta sampai dengan 80 juta rupiah. Sedangkan kategori ke 7 untuk Kecamatan dengan realisasi kurang dari 750 juta rupiah dan kategori ke 8 untuk Kecamatan dengan realisasi lebih dari 750 juta rupiah.

Untuk Kategori Kecamatan dengan realisasi pelunasan PBB-P2 kurang dari 750 juta, rangking pertama adalah Kecamatan Karanganyar, dan untuk realisasi lebih dari 750 juta adalah Kecamatan Kemangkon kemudian untuk kategori Kelurahan rangking pertama adalah Kelurahan Kedungmenjangan.

Untuk kategori Desa, rangking pertama untuk masing-masing kategori diraih oleh Desa Brecek Kecamatan kaligondang (realisasi 35 juta), Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan (realisasi 35 – 50 juta), Desa Serang Kecamatan Karangreja (realisasi 50 – 65 juta), Desa Patemon Kecamatan Bojongsari (realisasi 65 – 80 juta), dan Desa Panican Kecamatan Kemangkon (realisasi lebih dari 80 juta rupiah).

Bupati Purbalingga Tasdi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Desa, Kelurahan dan Kecamatan yang telah melunasi PBB-P2 dan berharap bagi yang belum untuk segera menyelesaikan kewajibannya, karena pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan adalah terutama dari pajak.

Untuk pemberian penghargaan, saya usulkan untuk secepatnya diberikan apabila memang sudah selesai, tidak perlu menunggu akhir tahun, dan saya harap untuk yang belum menyelesaikan kewajibannya segera ditindaklanjuti, sehingga nantinya tidak ada permasalahan dikemudian hari, karena pajak dari desa akan kembali untuk membangun desa,” kata Bupati Tasdi.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis