Headlines News :
purbalingga
Home » » Purbalingga Kembali Terima Mahasiswa Kesehatan untuk Melakukan PKL

Purbalingga Kembali Terima Mahasiswa Kesehatan untuk Melakukan PKL

Written By Kabare Braling on Thursday, March 23, 2017 | 12:44 PM

PURBALINGGA - Sebanyak 46 Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta II akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 32 hari, sejak 20 Maret-21 April. Tempat Praktek berada di Kecamatan Kejobong yakni di Desa Lamuk dan Desa Bandingan. 46 Mahasiswa tersebut terbagi 6 kelompok dimana masing-masing desa 3 kelompok.

Menurut Direktur Poltekes Jakarta II, Joko Sulistiyo, tujuan PKL agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar dalam menerapkan ilmu kesehatan lingkungan. Kemudian bisa mengenali dan mengatasi masalah kesehatan lingkungan yang kelak bisa diterapkan dalam tugas di kemudian hari. Hasil PKL nantinya diharapkan dapat meningkatkan capaian kehidupan keluarga yang sehat.

PKL Tahun ini mengambil tema lingkungan sehat meningkatkan kinerja masyarakat untuk mencapai keluarga yang sehat,” katanya saat penerimaan PKL di Gedung Graha Adiguna, Selasa (21/3).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Kusmartadi mengatakan PKL yang dilakukan sejalan dengan misi ke 4 rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) 2016-2021. Yakni meningkatkan kualitas sumberdaya manusia utamanya melalui peningkatan derajat pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat.

Upaya peningkatan derajat kesehatan terus dilakukan antara lain dengan pembangunan RSIA Panti Nugroho dan Revitalisasi Puskesmas Rawat Inap,” kata Kusmartadi.

Permasalahan kesehatan yang masih dijumpai yakni masih tingginya angka kematian ibu dan bayi. Masih adanya transisi epidemiologi. Belum meratanya akses pelayaan kesehatan masyarakat, serta belum semua masyarakat tercover dalam jaminan kesehatan. Untuk itu mahasiswa PKL diharapkan kontribusinya dalam mengupayakan penyelesaian permasalahan kesehatan tersebut.

Masasiswa juga diharapkan dapat memperdayakan, dapat melakukan pembelajaran dan pencerahan kepada masyarakat,” pungkasnya.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis