Headlines News :
purbalingga
Home » » Mahasiswa IAIN Turut Serta Dalam Program Bersih Desa

Mahasiswa IAIN Turut Serta Dalam Program Bersih Desa

Written By Kabare Braling on Tuesday, April 18, 2017 | 1:43 PM

PURBALINGGA - Mahasiswa IAIN Purwokerto mengikuti program bersih desa yang dilaksanakan di Dusun I desa Jetis Kecamatan Kemangkon. Kegiatan ini melibatkan para perangkat desa dan warga masyarakat di desa Jetis. Peningkatan kebersihan ini dapat menjadi media sosialisasi kepedulian tentang kebersihan lingkungan. Bersih desa dilaksanakan pada Minggu pagi (16/04).

Kegiatan bersih desa merupakan program desa Jetis dan kegiatan rutin tiap hari Minggu yang dilaksanakan secara bergilir di III dusun” hal ini diungkapkan Kades Jetis Cahyani Dwi Hargani disela sela kegiatan bersih desa setempat.

Ditambahkan Cahyani, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian pada diri mahasiswa, dan masyarakat terhadap lingkungan. Pihaknya juga berharap agar masyarakat lebih memperhatikan terhadap kondisi alam sekitar dengan tidak menancapkan paku pada pohon-pohon. Penanaman kesadaran terhadap lingkungan haruslah ditingkatkan pada seluruh elemen masyarakat demi kelestarian alam. Karena alam bukanlah warisan untuk kita, tetapi titipan anak cucu kita.

Menurut Cahyani, selain kerja bhakti bersama warga juga melakukan pilah sampah bersama dengan Kelompok peduli sampah yang telah berjalan yakni Kelompok Lestari Bumi untuk mengumpulkan sampah dan mengolah sampah plastik menjadi paving blok.

Selain ikut serta melakukan bersih desa, rencananya akan melakukan kegiatan berupa pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan di desa Jetis Kemangkon” ungkap Mei salah satu Mahasiswi IAIN. Menurutnya pemberdayaan pada warga setempat penting, hal ini sebagai upaya untuk ikut meningkatkan kesejahteraan bagi warga.

Mahasiswa IAIN yang melakukan KKN di desa Jetis berjumlah 9 orang. Dan akan melakukan KKN di desa Jetis Kemangkon selama 45 hari. Selain bersih desa rencananya para mahasiswa akan mengadakan Pelatihan pembuatan kripik bonggol pisang, dan pemberian bibit cabe bagi warga masyarakat dengan media gedebog pisang.

Mei juga mengatakan, kegiatan ini semoga dapat mebantu warga Jetis untuk lebih berdaya guna dan ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat.


(Kabare Bralink/Dinkominfo)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis