Headlines News :
purbalingga
Home » , » SMA Ma'arif Karangmoncol Siapkan Gedung untuk Workshop Produksi Film

SMA Ma'arif Karangmoncol Siapkan Gedung untuk Workshop Produksi Film

Written By Kabare Bralink on Thursday, April 13, 2017 | 2:33 PM

PURBALINGGA - Sebuah gedung yang tampak luar sebuah ruang kelas, namun di dalamnya deretan bangku berundak berkapasitas 100 orang menghadap layar. Dilengkapi tata suara serta nyamannya alat pendingin.

Sebuah laboratorium seni budaya dan film milik SMA Ma’arif Karangmoncol, Purbalingga bantuan Direktorat Kesenian Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun lalu, puluhan pelajarnya tekun mendengar paparan dalam rangka workshop produksi film pada Senin-Selasa, 10-11 April 2017.

Kami memiliki fasilitas laboratorium seni budaya dan film, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Karenanya, kami menggandeng CLC untuk turut meramaikan,” tutur Kepala SMA Ma’arif Karangmoncol Toyibah, S.Kom.

Keterlibatan CLC Purbalingga, lanjut Toyibah, diawali dengan fasilitasi pelatihan pembuatan film pendek yang berlangsung selama dua hari. Terlebih, ini sudah dekat dengan penerimaan karya untuk program kompetisi pelajar di Festival Film Purbalingga (FFP) 2017.

Direktur CLC Purbalingga Bowo Leksono mengakui, ia dan timnya baru berkesempatan menengok laboratorium film tersebut. “Untuk ukuran kecamatan, gedung film ini lebih dari cukup. Kami sedang menggodok untuk bisa jadi salah satu venue di FFP 2017. Lebih dari itu, akan membuat program pemutaran reguler,” jelasnya.

Workshop yang digelar di lingkugan sekolah ini menyuguhkan teori dan praktik penulisan skenario, manajemen produksi, tata kamera, dan tata gambar atau editing. Usai menerima materi teori, peserta workshop dibagi empat kelas untuk lebih fokus pada praktik.
Pagi hari di hari kedua, peserta memproduksi sebuah film pendek dari skenario yang dihasilkan kelas penulisan skenario. Kelas manajemen produksi menyiapkan krunya serta pemain yang diambil dari kalangan peserta.

Salah satu peserta Aslih Mubarok mengatakan, meski hanya sehari semalam, materi workshop CLC cukup lengkap. “Setelahnya, tentu kami harus terus belajar, terutama banyak nonton film karena itu menjadi modal utama pembuat film,” ujar siswa yang duduk di bangku kelas II ini.


(Kabare Bralink/CLC)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kabare Bralink - All Rights Reserved
Desain by Darmanto Theme by Mas Kolis